Calon siswa SD ikuti tes wawancara

Selasa, 26 Juni 2012 - 16:24 WIB
Calon siswa SD ikuti tes wawancara
Calon siswa SD ikuti tes wawancara
A A A
Sindonews.com - Untuk dapat masuk Sekolah Dasar (SD), ratusan anak di Kabupaten Jombang, Jawa Timur (Jatim) harus mengikuti sesi wawancara layaknya pelamar kerja. Para orangtua pun terlihat tegang saat anaknya diwawancara oleh guru.

Banyaknya jumlah pendaftar serta terbatasnya jumlah kursi yang ada menjadi alasan utama sejumlah SD di Kabupaten Jombang, Jatim melakukan tes pada calon-calon siswa yang ingin masuk ke sekolah. Seperti yang dilakukan di SD Negeri Kepanjen I Kota Jombang.

Sambil membawa map berukuran besar, bocah-bocah mungil ini harus antre menunggu panggilan untuk tes wawancara layaknya pelamar kerja. Setelah dipanggil barulah mereka masuk untuk menjalani rangkaian wawancara. Mulai dari wawancara seputar identitas diri dan orangtua. Pengenalan warna, menyanyi hingga memasukkan bola ke dalam kardus.

Kepala SD Negeri Kepanjen I Eni Dwi Ariyani mengaku sengaja melakukan tes pada calon-calon anak didiknya karena jumlah pendaftar di sekolah ini jauh lebih banyak dari kuota kursi yang dimiliki sekolah.

"Pihak sekolah juga ingin mendapatkan siswa-siswi baru yang berkualitas. Kami yakin cara ini mampu menjaring siswa berkualitas," papar Eni menjelaskan kepada wartawan, Selasa (26/6/2012).(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7378 seconds (0.1#10.140)
pixels