Data e-KTP masih banyak kesalahan

Senin, 25 Juni 2012 - 16:44 WIB
Data e-KTP masih banyak kesalahan
Data e-KTP masih banyak kesalahan
A A A
Sindonews.com - Teknologi canggih bukan menjadi jaminan dalam mengelola administrasi. Buktinya, proses Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) yang digadang-gadang sebagai program yang canggih masih saja ditemukan banyak kesalahan mendasar dalam pendataan.

Bahkan, keberadaan alat canggih seperti chip, pemindai retina mata, finger print serta diproses dengan perangkat komputer, e-KTP yang sudah jadi dan dibagikan ke warga masih ada beberapa yang keliru.

Kesalahan mendasar terjadi pada data warga. Dari pergantian KTP lama ke e-KTP seharusnya data warga sudah diperbarui. Beberapa data keliru itu di antaranya status pernikahan, alamat, nama lengkap sampai pekerjaan.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kota Surabaya Suharto Wardoyo menuturkan, memang ada sejumlah e-KTP yang masih perlu perbaikan karena datanya keliru. Seperti alamatnya salah karena masih tertulis alamat lama.

“Ada juga yang sudah kawin tertulis belum kawin. Tapi jumlahnya belasan saja,” ujar Anang, panggilan akrabnya, Senin (25/6/2012).

Tingkat kesalahan itu hampir terjadi di tiap kecamatan. Ia menyebut angka kekeliruan itu terbilang masih rendah. Tapi kesalahan yang ada akan menjadi catatan perbaikan ke depan.

“Kalau belasan yah masih rendah. Meskipun caranya sudah elektronik, kesalahan memang masih ada,” ujarnya.

Untuk e-KTP yang masih keliru, pihaknya tak bisa memberikannya pada warga. Sebab, e-KTP yang sudah jadi itu harus dikembalikan lagi ke Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk diperbaiki.

“Harus diperbaiki dulu, jadi tak bisa kami serahkan dalam keadaan salah,” katanya.

Muhlis Mardan, salah satu warga Gubeng mengatakan pihaknya belum mengambil e-KTP yang sudah jadi di kecamatan. Pihaknya tetap berharap saat mengambil nanti jangan sampai ada kekeliruan yang mendasar.

“Rasanya malas juga kalau kami harus mengulang lagi,” katanya.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5367 seconds (0.1#10.140)