Rp180 miliar untuk makam Gus Dur

Senin, 11 Juni 2012 - 06:01 WIB
Rp180 miliar untuk makam...
Rp180 miliar untuk makam Gus Dur
A A A
Sindonews.com - Pemerintah tampaknya serius menggarap makam KH Abdurahman Wahid atau Gus Dur menjadi objek wisata religi di Kabupaten Jombang Jawa Timur.

Tak tanggung-tanggung, sedikitnya Rp180 miliar dana pun digelontorkan untuk pembangunan makam itu.

Menteri Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Menkokesra) Agung Laksono mengatakan, animo masyarakat yang berkunjung ke makam Gus Dur setiap hari cukup tinggi.

Namun, makam itu terletak di dalam Pondok Pesantren (Ponpes) Tebu Ireng. Maka jika, tidak diatur dengan baik bukan tidak mungkin aktifitas peziarah akan menganggu proses belajar mengajar para santri.

"Maka itu, pemerintah akan membantu Ponpes Tebu Ireng untuk menyediakan fasilitas yang memadai agar aktifits peziarah tidak mengganggu aktifitas belajar mengajar para santri tersebut," jelas Agung di Jombang Minggu (10/6/2012).

Kata Agung, pemerintah telah mengeluarkan anggaran senilai Rp180 miliar untuk pembangunan area makam tersebut.

Dana itu digunakan untuk pembangunan tempat ziara, tempat dzikir, tempat parkir dan museum serta pembangunan jalan raya dari kota Jombang menuju Makam Gus Dur.

Ditegaskan Agung, anggaran besar yang dikeluarkan itu bukan untuk membangun makam Gus Dur, tapi hanya fasilits penunjng bagi peziarah saja.

"Sedangkan makam Gus Dur, sesuai kesepakatan pihak keluarg tidak direnovasi dan tetap dibiarkan seperti apa adanya," ujar dia.(lin)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0590 seconds (0.1#10.140)