Marak curanmor, polisi bagikan gembok gratis

Minggu, 27 Mei 2012 - 22:27 WIB
Marak curanmor, polisi bagikan gembok gratis
Marak curanmor, polisi bagikan gembok gratis
A A A
Sindonews.com - Kepolisian Resort (Polres) Gresik membagikan gembok gratis kepada seribu pengguna motor. Tujuannya demi menekan angka kriminalitas khususnya pencurian kendaraan sepeda motor (curanmor).

Pembagian gembok diberikan langsung sejumlah anggota Reskrim maupun polwan di beberapa ttitik. Perlimaan Sukorame, perempatan Sentolang serta di Jalan Gubernur Suryo tepatnya di depannya Ramayana Dept Store. Dalam ksempatan itu dipesankan juga pengendara motor agar memberikan kunci ganda.

“Demi ketenangan dan keamanan motor saat parker, mohon digembok. Karena menekan ranmor tidak hanya perlu pengawasan kami, tetapi juga peran serta pengguna,” pesan Briptu Mashita Dian kepada penggendara motor saat di perempatan Sukorame.

Aksi bagi-bagi gembok gratis demi menekan pencurian motor direaksi positif para pengguna jalan. Karena sampai saat ini tingkat pencurian motor lebih disebabkan longgarnya pengamanan motor saat di parker.

“Pembagian gembok sangat bagus. Minimal kami semua diminta waspada menjaga barangnya sendiri. Kami sangat salut langkah inovasi ini,” ungkap Mariyadi, 50, warga Rumdin PT Petrokimia Gresik saat menerima dari polisi.

Sedangkan, Kasatreskrim Polres Gresik AKP Muhammad Nur Hidayat mengatakan, bila sosialisasi pembagian gembok ini adalah sebagai upaya mengadakan tindakan preventif bagi masyarakat. Karena dengan gembok bisa meminimalir terjadinya curanmor.

“Logikanya, paling tidak kalau gembok ini dipasang di motor, maka para pencuri membutuhkan waktu lama untuk melepas gembok tersebut. Sehingga keburu ketahuan,” kata dia.

Ditambahkan, evaluasi selama lima bulan terakhir ini tiap bulannya curanmor mencapai 10-15 kejadian. Karena itu dengan sosialisasi dapat ditekan lagi. Memang angka ranmor di Gresik masih rendah dibandingkan dengan polres-polres lain.

“Untuk sementara kami bagikan sebanyak 1.000 gembok. Rencana akan kami bagikan lebih banyak lagi. Mudah-mudahan bisa mengurangi angka curanmor,”pungkas AKP MN Hidayat.(wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6966 seconds (0.1#10.140)