Tim khusus tebing dikirim ke lokasi Sukhoi

Jum'at, 11 Mei 2012 - 18:41 WIB
Tim khusus tebing dikirim ke lokasi Sukhoi
Tim khusus tebing dikirim ke lokasi Sukhoi
A A A
Sindonews.com - Perhimpunan Penempuh Rimba dan Pendaki Gunung Wanadri Bandung memberangkatkan tim khusus untuk menuju lokasi jatuhnya Sukhoi Superjet 100 di kawasan Gunung Salak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Tim terdiri dari 14 orang anggota Wanadri yang memiliki keahlian vertical rescue. Tugas tim vertical rescue ini membuka jalan untuk melakukan evakuasi korban pesawat naas yang sulit dievakuasi.

Kepala Penanggulangan Bencana Alam yang juga Ketua Tim SAR Wanadri Soma Suparsa mengatakan, malam ini Jumat (11/5/2012) tim berangkat untuk bergabung dengan empat Wanadri yang lebih dulu berada di Gunung Salak sejak Rabu 9 Mei lalu.

"Tim ini untuk support Search and Rescue (SAR) di lapangan. Sebanyak 14 orang ini punya kemampuan khusus memanjat tebing," terang Soma, di Kantor Wanadri, Jalan Aceh, Bandung.

Tim fungsinya bisa untuk mengangkat logistik dan peralatan, mencari jalur lain untuk Tim SAR gabungan, dan mencari jalan untuk jalur evakuasi. "Target kita support dengan kemampuan khusus," tegasnya.

Kata pria yang akrab disapa Kopral Soma ini, saat ini Tim SAR gabungan terkendala untuk melakukan evakuasi, termasuk untuk tiba di titik pesawat jatuh.

Hal itu karena medan yang ekstrem, sangat terjal, sangat curam, ditambah cuaca yang tidak mendukung. Diperkirakan, tinggi tebing letak jatuhnya pesawat 600 meter, dengan kemiringan 60 sampai 70 derajat.

"Melihat medan di titik jatuhnya pesawat, maka diperlukan tim yang memiliki kemampuan khusus," terangnya.

Soma menegaskan, timnya harus memiliki keahlian manjat tebing, survival, hingga mampu membawa beban atau jenazah jika ditemukan. Permintaan tambahan tim khusus juga berdasarkan permintaan tim Wanadri yang sudah lebih dulu ada di lokasi. Mereka juga terkendala peralatan.

"Kemarin kita koordinasi dengan tim SAR di lokasi, medannya terlalu sulit perlu vertical rescue," tuturnya.

Rencananya, malam ini tim khusus Wanadri akan masuk lewat Desa Cijeruk. Dari Cijeruk menuju lokasi melewati Pasir Manggis, Cipelang, lalu puncak Cijeruk.(azh)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 5.7939 seconds (0.1#10.140)