Dukun Palsu tipu istri kepala desa

Jum'at, 30 Maret 2012 - 09:17 WIB
Dukun Palsu tipu istri...
Dukun Palsu tipu istri kepala desa
A A A
Sindonews.com – Aksi Muhamad Kunci, 39, yang berpurapura menjadi dukun terbongkar. Sebelumnya, pelaku sukses menipu Tri Agustina, istri Kepala Desa Cinta Kasih Gunung Megang.

Aksi penipuan itu terjadi pada Senin (26/3) sekitar pukul 19.00 WIB. Modusnya, warga Desa Karang Agung,Kecamatan Penukal Abab, ini menakutnakuti korbannya kalau yang bersangkutan terkena gunaguna yang dikirim oleh orang yang tidak suka. Untuk meyakinkan korbannya, pelaku menunjukkan jika di halaman rumah korban di Jalan Pelita Jaya Desa Gunung Megang Dalam, Kecamatan Gunung Megang, terdapat barang- barang teluh yang berisi paku,gelas,kaca,dan silet.

Atastemuanitu,korbanTri dan orang tuanya,Nurlela, 50, merasayakinkalaukorbanmemang terkena guna-guna. Pelaku lalumenyarankankorban menangkal guna-guna tersebut. Syaratnya, korban harus menyediakanemassebagai jaminannya. Syarat yang diminta pelaku akhirnya dipenuhi korban dengan memberikan kalung emas seberat satu suku dan uang Rp250.000.Tidak cukup, keesokan harinya,pelaku kembali mendatangi korban dan meminta emas dengan dalih untuk syarat lanjutan. Korban yang terperdaya akhirnya menyerahkan cincin emas seberat setengah suku kepada pelaku.

Kemudian, pelaku memberikan setambul Quran kepada korban. Jimat tersebut harus dipakai korban layaknya kalung. Suami korban yang tidak lain Kepala Desa Cinta Kasih Kecamatan Gunung Megang, Seh Man, mengendus gelagat pelaku yang bermaksud ingin menipu istri dan keluarganya. Kamis siang,Seh Man dan berapa keluarga berusaha menemui pelaku. Namun, upaya tersebut tidak berjalan mulus karena pelaku berusaha menghindar.Pihak keluarga terus mencari hingga akhirnya berhasil bertemu pelaku di depan SPBU Talang Jawa.

Karena kesal, keluarga korban lalu meminta bantuan warga untuk membawa yang bersangkutan kePolres Muaraenim. Warga sekitar yang kesal atas kelakuan pelaku sempat melayangkan bogem mentah hingga yang bersangkutanbabakbelur. Dari pengakuan Tri Agustina di ruang SPK Polres Muaraenim, dia ditipu pelaku yang tidak dikenalnya sama sekali. “Aku ditipu,Pak. Kalung emas satu suku, cincin setengah suku, dan uang Rp250.000 sudah diambilnya,”kata Tri.

Sedangkan, suami korban, Seh Man, mengatakan telah mengetahui kedok dukun palsu tersebut. Bahkan, pelaku sempat menghasut dan menjelek- jelekkannya di hadapan istrinya agar mereka bertengkar. Pelaku mengakui kalau dia hanya berpura-pura sebagai dukun. Dia sengaja menanamkan barang-barang, seperti paku, kaca, dan silet di halaman rumah korban agar mereka percaya kalau orang di rumah itu terkena guna-guna.

Sementara itu, Kapolres Muara Enim AKBP Budi Suryanto melalui Kepala SPK III Aiptu Rusdi Yahya SH mengatakan, saat ini pelaku masih dimintai keterangan. Kasus ini akan dilimpahkan ke Bagian Sat Reskrim untuk diproses lebih lanjut. (wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0739 seconds (0.1#10.140)