Tolak BBM naik, mahasiwa blokir rel KA

Selasa, 27 Maret 2012 - 14:56 WIB
Tolak BBM naik, mahasiwa...
Tolak BBM naik, mahasiwa blokir rel KA
A A A
Sindonews.com – Aksi unjuk rasa di Kota Pahlawan tak hanya menduduki kantor Gubernur dan DPRD. Massa gabungan mahasiswa se-Jawa Timur menduduki juga Stasiun Gubeng. Mereka membakar ban bekas di tengah rel dan mengganggu jadwal keberangkatan kereta.

Aksi yang dimulai sejak pukul 10.00 WIB itu berlangsung selama dua jam. Kereta komuter Surabaya-Sidoarjo yang harusnya berangkat pukul 11.30 WIB gagal berangkat. Mereka membentangkan spanduk yang berisi kecaman pada pemerintah yang menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM).

"Kenaikan BBM membuat masyarakat tercekik, ini tak bisa dilakukan. Pemerintah sekali lagi membuat warganya sengsara," ujar aktivis PMII Rusman Hadi di sela-sela penutupan jalur kereta api (KA) di Stasiun Gubeng, Selasa (27/3/2012).

Aksi ratusan mahasiswa yang terdiri dari PMII, IMM, Forum Advokasi Mahasiswa Universitas dr Soetomo ini tak terpantau aparat kepolisian hingga melumpuhkan dua jalur KA di Stasiun Gubeng.

Sebab, polisi hanya terkonsentrasi di Grahadi dan Gedung DPRD Surabaya, sehingga penjagaan di Stasiun Gubeng relatif longgar, hanya tampak Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska).

Dampak aksinya, mahasiswa yang menduduki Stasiun Gubeng Surabaya. Semua kereta api yang akan masuk Stasiun Gubeng diberhentikan sementara di stasiun sebelumnya. "Kami tak jadi berangkat ke Sidoarjo. Lha, kereta api tak jadi berangkat karena demo itu," ujar Wahyu Satria Nugraha, salah satu penumpang KA.

Sementara itu, Humas PT KA Daop VII Sri Winarto meminta maaf kepada pengguna jasa KA khususnya lintas selatan yang lewat Stasiun Gubeng. Semua KA diberhentikan oleh pihak PT KA di Stasiun Wonokromo dan Stasiun Surabaya Kota (Semut) sebelum memasuki Stasiun Gubeng karena ada pemblokiran jalur KA oleh mahasiswa.

"Ada satu kereta dari Stasiun Gubeng yang tak berangkat. Melihat kondisi yang ada tak memungkinkan bagi kami untuk memaksa
pemberangkatan," jelasnya.

Selain itu, kerata yang mengangkut BBM tak ada jadwal hari ini. Makanya mahasiswa yang menunggu kereta BBM tak akan bisa menemui. "Jadwalnya memang tak ada hari ini," katanya. (san)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0660 seconds (0.1#10.140)