Puluhan warga Bandung diserang cikungunya

Selasa, 20 Maret 2012 - 23:31 WIB
Puluhan warga Bandung diserang cikungunya
Puluhan warga Bandung diserang cikungunya
A A A
Sindonews.com - Puluhan warga Bandung, Jawa Barat, diserang penyakit cikungunya. Diduga, penyakit berasal dari gigitan nyamuk.Sekertaris PKK RW13 Kelurahan Sadang Serang Kecamatan Coblong Kota Bandung, Euis Marliah, mendapat laporan ada 40 warga yang terkena penyakit cikungunya.

"RW ini kan membawahi tujuh RT, yakni RT1 sampai RT7. Masing-masing RT kena, paling banyak di RT3 yang dekat sungai," papar Euis, saat ditemui wartawan di rumahnya, Selasa (20/3/2012).

Warga mulai sakit antara 6 Februari hingga Maret 2012. Euis sendiri menjadi salah satu yang sakit.

"Awalnya saya tidak mengira cikungunya. Tetapi saat ada warga yang sakit lagi, terus diperiksa dokter, katanya divonis cikungunya," tuturnya.

Semua warga yang mengalami sakit kebanyakan orang tua atau dewasa dan dalam satu keluarga. Mereka memiliki keluhan yang sama, yakni demam, persendian ngilu, bahkan ada yang sampai tidak bisa bangun. Selain itu, proses penyembuhan juga lama.

Euis menyebutkan, wabah cikungynya di RW13 itu tidak memakan korban jiwa. "Tetapi sangat mengganggu aktivitas karena sakitnya lama. Penyakitnya sama dan sulit jalan," ujarnya.

Wabah cikungunya di RW13 tersebut berjangkit cukup cepat. Sehingga, di antara warga terjadi saling tengok. Hari ini warga menengok, esoknya warga yang nengok sakit. Kejadian tersebut sudah dilaporkan kepada petugas posyandu terkait Dinas Kesehatan Kota Bandung. Namun, hingga kini belum ada respons.

Dia berharap, ada sosialisasi dari Dinkes untuk meningkatkan pemahaman masyarakat terkait kesehatan, khususnya soal cikungunya. "Kalau sekarang, masyarakat bingung mengantisipasi penyakit cikungunya," harapnya, seraya menambahkan wabah cikungunya tersebut baru kali ini terjadi. (wbs)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6423 seconds (0.1#10.140)