Tanah longsor melanda Karanganyar

Rabu, 22 Februari 2012 - 12:16 WIB
Tanah longsor melanda...
Tanah longsor melanda Karanganyar
A A A
Sindonews.com - Musim hujan sepanjang bulan ini menimbulkan sejumlah musibah dan bencana. Banjir dan tanah longsor terjadi di beberapa wilayah Indonesia.

Di wilayah Jawa Tengah tepatnya Kabupaten Karanganyar dan Magelang misalnya. Akibat guyuran hujan sepanjang hari, sekira pukul 23.30 WIB tanah longsor menerjang pemukiman penduduk di lima kecamatan yakni Jenawi, Ngargoyoso, Karangpadan, Tawangmangu, dan Matesih Kabupaten Karanganyar.

Dua orang meninggal dunia akibat bencana itu. Mereka yang meninggal antara lain Resowiyono (60 tahun) warga Banjar RT 3 RW 4, Desa Gerdu, Kec Karangpandan dan Sukiningsih (70 th) warga Drojo, Ds Puntukrejo, Kec Ngargoyoso.

"Selain korban meninggal, beberapa rumah mengalami kerusakan cukup parah, dan puluhan lainnya mengalami rusak ringan," jelas Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, dalam rilisnya kepada Sindonews, Rabu (21/2/2012).

Selain itu,Sutopo menambahkan jalan raya Karanganyar-Tawangmangu tertimbun longsor di dua titik. Saat ini petugas dan masyarakat telah membersihkan material longsor sehingga jalan itu sudah dapat dilewati, sejak 07.30 WIB.

Selain bencana tanah longsor, hujan di daerah sekitar Gunung Merapi juga menyebabkan banjir lahar dingin di Kali Bebeng, Krasak, dan Putih. Penduduk yang berada di daerah rawan telah dievakuasi.

"Tidak ada korban jiwa, dua truk milik warga terseret arus lahar dingin di Kali Bebeng," jelasnya. Truk pertama diidentifikasi Nopol H. 1981. GY, milik Yusmanto warga Dowakan, Jumoyo, Kecamatan Salam, Magelang.

"Sopir dan tiga tenaganya berhasil diselamatkan. Sementara satu truk lainnya belum berhasil teridentifikasi," tambahnya.

Saat ini, BPBD Jawa Tengah dan BPBD Kabupaten Karanganyar dan Magelang masih melakukan penanganan bencana di daerah tersebut bekerjasama dengan pihak-pihak terkait.(lin)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0810 seconds (0.1#10.140)