Belanda Bantu air bersih ke KBB

Sabtu, 28 Januari 2012 - 05:56 WIB
Belanda Bantu air bersih ke KBB
Belanda Bantu air bersih ke KBB
A A A
Sindonews.com - Perusahaan air minum Water Maskapai Drenthe (WMD) Belanda mengucurkan bantuan pembangunan instalasi air bersih dan sanitasi di Desa Nyenang, Kecamatan Cipeundeuy, Kabupaten Bandung Barat (KBB), Jawa Barat.

Penyerahan bantuan dan peletakan batu pertama pembangunan instalasi air ini dilakukan langsung oleh Gubernur Provinsi Drenthe Belanda Jacques Tichelaar, Deputi Bappenas Dedy S Priatna, dan Bupati Bandung Barat Abubakar, di Kampung Nyenang, RT1/4, Jumat (27/1/2012).

Gubernur Provinsi Drenthe Belanda, Jacques Tichelaar, mengaku KBB adalah daerah pemekaran baru dan termuda di Indonesia yang memiliki potensi sumber air yang melimpah. Nilai investasi yang ditanamkan sebesar 75 ribu euro, atau sekitar kurang lebih Rp800 juta. Bantuan itu diluar bantuan untuk askses jalan yang menurutnya di Desa Nyenang masih buruk, yaitu sebesar Rp600 juta.

"Ini adalah bantuan investasi kami yang pertama di Jawa Barat dan Indonesia. Saya ingin ketika enam bulan lagi saya datang ke sini jalan sudah bagus dan infrastruktur air bersih yang dibangun ini sudah jadi," kata Jacques yang meminta untuk perbaikan jalan pemerintah daerah juga membantu penganggarannya.

Bupati Bandung Barat Abubakar mengaku jika bantuan air bersih dan prasarana lingkungan di Desa Nyenang, Kecamatan Cipeundeuy ini sangat membantu pihaknya terkait pemberian fasilitas air pedesaan ke masyarakat. Apalagi kondisi eksisting di Desa Nyenang yang terdiri dari 5.700 penduduk, 1.500 kepala keluarga (KK), baru 250 KK yang sudah tercover pelayanan air bersih, sedangkan 1.250 KK lainnya masih belum.

"Sudah pasti bantuan ini sangat besar manfaatnya, dan semoga tidak hanya di Desa Nyenang saja. Karena secara keseluruhan di KBB yang sudah tercover jaringan air pedesaan baru 26 persen dan air perkotaan (PDAM) 16 persen," tuturnya.

Mengenai proses turunnya bantuan dari WMD, Abubakar mengaku jika prosesnya difasilitasi oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Tahun lalu dirinya sempat diundang ke Kota Drenthe Belanda untuk melihat bagaimana pengelolaan air bersih di tempat itu dimana 100 persen warganya sudah teraliri air bersih.

Alhasil WMD tertarik untuk memberikan bantuan investasi yang diawali dengan penandatanganan MoU di Kota Assen Belanda.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5251 seconds (0.1#10.140)