Ali Mustofa pilot yang alim

Jum'at, 06 Januari 2012 - 17:12 WIB
Ali Mustofa pilot yang alim
Ali Mustofa pilot yang alim
A A A
Sindonews.com - Kapten Pnb Ali Mustofa SIP (31), pilot yang tewas dalam kecelakaan pesawat T-34 Charlie nomor lambung LD-3417 di Dusun Jetis, Kedungsari, Bandongan, Magelang, Jawa Tengah Jumat (6/1/2012), meninggalkan duka mendalam bagi keluarga dan teman-temannya. Alumni Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 2000 itu dikenal pria yang alim.

Dia dilahirkan dari keluarga sederhana di Tuban, Jawa Timur. Meski begitu, Ali tak pernah minder berada di tengah lingkungan teman-temannya yang sebagian anak pejabat itu. Lulus dari AAU, Ali kembali lolos saat mengikuti tes Sekolah Penerbang (Sekbang) angkatan 64.

Dia pun menjadi pilot dua tahun kemudian. Berkat kemampuannya dan jam terbang cukup tinggi, Ali kemudian lolos mengikuti Sekolah Instruktur Penerbang. Gelar SIP-pun disandangnya.

Lulus dari sekolah instruktur otomatis dia menjadi instruktur untuk para siswa Sekbang. Saat inilah, sebenarnya Ali masih menjadi instruktur. Mayor Irvan salah seorang anggota TNI AU Lanud Adi Sutjipto mengenal baik bapak dari tiga anak itu.

Meskipun bukan sama-sama penerbang, Irvan mengaku sering berinteraksi meski sekadar diskusi. Pribadi Ali sangat baik di mata Irvan. "Dia itu baik banget, apalagi dia dari keluarga sederhana, sering dibilang orang kampung jadi pilot, tapi hanya bercanda-canda saja, dia baik banget," tutur Irvan mengenang kepada sindonews.

Hal sama disampaikan Kapten (Adm) Adrian Adli, rekan seangkatan saat di AAU. Menurut Adli, temannya itu sangat baik dan cenderung alim. "Sederhana, alim, dan sangat baik, itu yang saya tahu tentang Ali," kata Adli yang sekarang berdinas di Lanud Halim Perdana Kusuma Jakarta.

Sejak berdinas, Ali pernah sempat tak kebagian rumah dinas atau mess. Dia pun ngontrak di sekitar komplek Lanud Adi Sutjipto. Untung tak lama kemudian, dia mendapatkan mess di Wirambara 2, mess khusus para penerbang di lingkungan Lanud Adi Sutjipto.(lin)
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6588 seconds (0.1#10.140)