Tangani Wabah Corona, Bambang Haryo: Menko PMK Harus Lebih Berperan

Rabu, 08 April 2020 - 11:48 WIB
Tangani Wabah Corona, Bambang Haryo: Menko PMK Harus Lebih Berperan
Tangani Wabah Corona, Bambang Haryo: Menko PMK Harus Lebih Berperan
A A A
SURABAYA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan kebudayaan (PMK) diminta tampil di depan dan memimpin langsung pencegahan dan penanggulangan virus corona (Covid-19) yang mewabah di Tanah Air.

Anggota DPR RI Fraksi Gerindra periode 2014-2019, Bambang Haryo Soekartono menilai Menko PMK Muhadjir Effendy belum dimanfaatkan secara maksimal dalam mencegah dan mengatasi wabah corona. Padahal penanggulangan bencana berada di bawah koordinasinya. (Baca juga: Alur Pengajuan Terlalu Panjang, Daerah Perlu Dipermudah Terapkan PSBB)

“Menko PMK seharusnya aktif memimpin langsung Gugus Tugas Penanganan Covid-19, bukan malah dialihkan kepada Kepala BNPB. Karena mengandung unsur pencegahan terhadap Covid-19. Jangan biarkan Presiden Jokowi menanggung sendiri beban dalam mengatasi wabah Covid-19,” ujarnya dalam keterangan tertulis di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (7/4/2020).

Selaku Menko PMK yang bertanggung jawab pada penanggulangan bencana, koordinasi dengan semua kementerian dan lembaga akan lebih mudah dalam upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19. “Wewenang Menko kan lebih besar sehingga bisa berkoordinasi lintas sektoral kementerian dan lembaga. Penanganan Covid-19 jangan diserahkan ke pejabat-pejabat di bawahnya, karena menyangkut keselamatan nyawa publik, tetapi harus dipimpin langsung oleh Menko PMK di tingkat pusat dan kepala daerah di tingkat daerah,” katanya.

Bambang Haryo mengatakan Menko PMK harus lebih gencar mensosialisasikan tentang social distancing atau physical distancing serta upaya meningkatkan daya tahan tubuh masyarakat melalui edukasi pola hidup sehat dan peningkatan gizi.

Menko PMK juga harus melibatkan menteri terkait, seperti halnya Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup (KLH) yang harusnya sangat berperan ikut mensosialisasikan pencegahan virus akibat lingkungan yang tidak memadai dan juga masalah seperti physical distancing, disinfektan lingkungan, dan pemanfaatan sinar matahari serta semua tumbuh-tumbuhan dan juga udara yang bersih untuk kesehatan manusia. Tetapi hingga saat ini belum bergerak.

Sedangkan Menteri Pertanian juga diminta segera mendorong produksi komoditas pokok pangan maupun tanaman obat untuk pencegahan virus, seperti kunir, jahe, sirih, brokoli, tomat, kelapa hijau, madu, telur, dan sebagainya dalam jumlah yang sangat besar. Tetapi hingga saat ini banyak komoditas pokok pangan yang kesulitan didapatkan dan berharga mahal.

“Pemerintah harus memproteksi komoditas itu agar harganya murah. Untuk itu, Menteri Perdagangan diminta menjaga keseimbangan supply dan demand, memperkuat peran Satgas pangan dan obat-obatan yang selalu terus bergerak untuk memberantas kartelisasi dari spekulan yang sekarang marak di negara kita mengakibatkan tidak terjangkaunya daya beli di masyarakat,” jelas Bambang Haryo.

Di sisi transportasi, Menteri Perhubungan harus berperan mengendalikan tarif angkutan udara agar tidak jauh di bawah batas bawah dan malah mendorong diskon harga tiket pesawat. Padahal seperti yang kita ketahui bahwa penyakit atau virus Covid-19 ini berasal sebagian besar dari masyarakat kelas menengah dan keatas serta turis asing yang menggunakan tiket pesawat.

Sehingga kebijakan Menteri Perhubungan di awal kemunculan virus hingga saat ini bertolak belakang dengan kebijakan Pemerintah untuk mengurangi pergerakan dari masyarakat untuk menggunakan angkutan udara. Namun, Menteri Perhubungan harus menjamin kelancaran arus barang dan penumpang dari semua moda dengan mengikuti protokol kesehatan.

RS Darurat

Bambang Haryo juga menyoroti upaya pemerintah yang dinilai kurang efektif dalam penanganan pasien positif Covid-19, membangun rumah sakit darurat di Pulau Galang, Batam, dan memfungsikan Wisma Atlet sebagai RS darurat. “Kenapa pemerintah tidak memanfaatkan kapal-kapal Pelni untuk RS darurat karena hampir sebagian kapal Pelni saat ini tidak beroperasi dan tetap mendapatkan subsidi setiap tahun. Daya tampung per kapal sekitar 1.300-3.000 penumpang, sehingga jika 2 kapal saja sudah bisa menampung diatas 5.000 pasien Covid-19,” ujarnya.

Sementara, RS darurat di Pulau Galang hanya berkapasitas 360 tempat tidur dan jauh dari pusat episentrum Covid-19 terutama di Jawa, khususnya di Jakarta. Sehingga akan berdampak membutuhkan biaya yang sangat mahal untuk mobilisasi. Selain itu, pemerintah seharusnya memanfaatkan sanatorium penderita TBC yang jumlahnya sangat banyak untuk penderita Covid - 19 di seluruh Indonesia tetapi saat ini tidak dimanfaatkan. Sanatorium ini dinilai cocok untuk rumah sakit sementara Covid-19 karena umumnya berada di dataran tinggi dan dekat pegunungan yang udaranya bersih dan sejuk.

Berdasarkan data, ungkap Bambang Haryo, banyak pasien dalam pengawasan (PDP) dan orang dalam pengawasan (ODP) yang tinggal di daerah dengan ketinggian 500-600 meter di atas permukaan laut (mdpl) seperti Malang, Magetan dan Bandung, banyak yang dinyatakan sembuh.

Menurut dia, kemungkinan ada hubungan antara kondisi udara sejuk dan bersih dengan percepatan penyembuhan penyakit Covid-19 yang menyerang paru-paru seperti TBC. Bambang Haryo juga mengusulkan pemerintah agar memanfaatkan kompleks perkampungan atlet Hambalang yang terbengkalai untuk dijadikan rumah sakit darurat Covid-19.

Selain lokasinya berada di ketinggian 500-600 mdpl dan jauh dari pemukiman penduduk, kompleks Hambalang juga mudah diakses dari wilayah Jabodetabek yang menjadi episentrum wabah Covid-19. “Mobilisasi pasien, tenaga medis, serta keperluan lain akan lebih mudah dan murah,” ujarnya.
(shf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5614 seconds (0.1#10.140)