Positif Corona di Kota Tasikmalaya jadi Lima Orang

Sabtu, 28 Maret 2020 - 17:28 WIB
Positif Corona di Kota Tasikmalaya jadi Lima Orang
Positif Corona di Kota Tasikmalaya jadi Lima Orang
A A A
TASIKMALAYA - Jumlah terpapar postif Virus Corona di Kota Tasikmalaya bertambah menjadi lima orang setelah sebelumnya diumumkan satu orang. Pertambahan ini disampaikan Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kota Tasikmalaya, Ivan Dicksan, Sabtu (28/3/2020).

Menurut Ivan penambahan tersebut setelah keluar hasil rapid test dari 127 orang yang diperiksa. Dinyatakan empat orang lagi positif. "Kita menerima alat rapid test dari provinsi sebanyak 133 buah. 127 sudah terpakai yang hasilnya hari ini bertambah empat orang sehinggga yang positif menjadi lima orang," kata Ivan.

Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya ini pun tak bisa mengungkapkan identitas siapa saja yang positif, namun yang dirapid test tersebut yang pernah bersentuhan dengan satu pasien positif pertama serta yang mengikuti suatu kegiatan di Lembang Bandung.

"Dan sekarang sedang direncanakan pembatasan penambahan orang dari luar salah satunya memantau pergerakan masyarakat dari luar serta pemberhentian angkutan umum dari luar kota maupun dalam kota," ujar Ivan.

Dilain pihak, Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tasikmalaya, dr. Heru Suharto mengatakan belum ada yang positif di Kabupaten Tasikmalaya. Ia menrinci sampai Sabtu, 28 Maret 2020, baru ada 131 orang kategori Orang Dalam Pemantaun (ODP) dan empat orang dinyatakan Pasen Dalam Pengawasan (PDP).

Meski demikian, hasil penelusuran SINDOnews ke lima Kecamatan dari 39 Kecamatan di Kabupaten Tasikmalaya, angka versi Tim Gugus Tugas jauh dari kenyataan.

Hasil wawancara dengan sejumlah petugas kesehatan diketahui untuk Kecamatan Tanjungjaya saja ada sekira 167 ODP, Sodonghilir 41, Sariwangi 35, Cipatujah 37 dan Cikalong 10 orang. Jika ditotal untuk lima kecamatan ini saja mencapai 294 orang. "Data sebenarnya yang dipampang di Pemkab ya. Info apapun dari luar itu hoax," kata Heru membantahnya
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4527 seconds (0.1#10.140)