Pasien Positif COVID-19 di Kalimantan Timur Jadi 11 Orang

Senin, 23 Maret 2020 - 20:10 WIB
Pasien Positif COVID-19 di Kalimantan Timur Jadi 11 Orang
Pasien Positif COVID-19 di Kalimantan Timur Jadi 11 Orang
A A A
SAMARINDA - Dinas Kesehatan Provinsi Kaltim mengumumkan dua orang tambahan pasien terkonfirmasi positif terpapar virus corona (COVID-19). Keduanya merupakan warga Kabupaten Kutai Timur dan Kota Bontang.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur Andi M Ishak menjelaskan, kedua pasien positif COVID-19 itu, adalah hasil tracing contact dari pasien klaster Bogor dan Komisi Pemilihan Umum (KPU). "Kedua pasien ini punya kontak erat dengan pasien yang sebelumnya dinyatakan positif lebih dulu,” kata Andi kepada wartawan, Senin (23/3/2019). (Baca juga: Meninggal akibat Corona, Begini Sosok Mantan Presiden Real Madrid)

Andi mengimbau agar warga Kaltim menunda sementara waktu perjalanan mereka ke luar daerah. Khususnya ke daerah yang sudah terjadi penularan COVID-19. “Hasil dari perkembangan sudah terlihat jelas. Kami minta hindari perjalanan ke daerah terjangkit,” imbaunya.

Hingga kini, penambahan jumlah pasien positif Corona di Kaltim sebanyak 11 orang. Andi juga memastikan seluruh pasien yang tengah dirawat di masing-masing rumah sakit dalam kondisi stabil. "Semuanya tanpa keluhan apapun," katanya.

Andi menambahkan, jumlah sementara Orang Dalam Pemantauan (ODP) sebanyak 1.065 orang. Dari jumlah itu, 377 orang dinyakan selesai dipantau. Sedangkan untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP), tercatat sebanyak 23 pasien. "Total PDP ada 56 pasien. 22 pasien dinyatakan negatif, dan 11 dinyatakan positif. Sisanya masih menunggu hasil laboratorium," kata Andi.

Dari 10 Kabupaten/Kota se-Kaltim, ODP terbanyak ada di Balikpapan, Samarinda, Kutai Timur dan Kutai Barat. Sedangkan untuk wilayah lain, relatif dibawah 30 ODP. "Terkait penambahan kasus PDP COVID-19 di Kaltim, masing-masing berasal dari Kutai Barat, Paser, Bontang, dan Samarinda," jelasnya.
(shf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6992 seconds (0.1#10.140)