alexametrics

Pilkada Lampung Selatan, Hipni Jadi Penantang Kuat Incumbent

loading...
A+ A-
LAMPUN SELATAN - Analisis Lembaga Survei Surveyor Muhammad Septian mengungkap persaingan yang semakin kuat dua kandidat bakal calon bupati (bacabub) Lampung Selatan pada Pilkada Serentak 2020, yakni antara H Hipni dengan Nanang Ermanto.

"Menurut hasil survei, Pak Hipni dan Pak Nanang jadi dua kandidat paling kuat yang akan bersaing di Pilbup Lampung Selatan," ujar Muhammad Septian dalam keterangan tertulisnya, Senin (23/3/2020). Menurut dia, hingga kini belum ada data terbaru lagi dari pergerakan para calon. Jika masih belum ada pergerakan yang massif dari calon lainnya, maka hanya Hipni dan Nanang yang berpeluang besar. (Baca juga: Antisipasi Dini Kerawanan Pilkada)

Analisis Surveyor ini menyebut persaingan keduanya tipis. Namun demikian terdapat perbedaan, yaitu untuk Hipni yang bukan incumbent berpeluang meningkatkan suaranya jika dilakukan kampanya yang baik. Sedangkan Nanang yang merupakan incumbent, yang sudah sebagian sumber dayanya dikerahkan, tapi suara yang didapat tidak terlalu mencolok untuk ukuran incumbent. "Pak Hipni penantang yang kuat buat incumbent. Kemungkinan besar akan bersaing sangat ketat," imbuhnya.

Berdasarkan hasil survei Buka Data Indonesia di Kabupaten Lampung Selatan (Lamsel) per Februari 2020, dengan Metode Multistage Random Sampling 800 responden, mencatat bakal calon Bupati Lampung Selatan periode 2021-2024 H Hipni yang juga kader Golkar, berhasil meraup simpati masyarakat di sejumlah wilayah Lampung Selatan.



Di antaranya di Kecamatan Jati Agung (12,30% total area) raupan popularitas 10,40%, Kecamatan Kalianda dengan penguasaan wilayah sebesar 8,40% dengan raupan popularitas 12,70%, Kecamatan Natar dengan luas basis wilayah sebesar 16,80% dan diimbangi perolehan popularitas 13,70%.

Selanjutnya Kecamatan Palas base wilayah 6,20% berhasil memperoleh popularitas 10,40%. Sedangkan popularitas dengan wilayah lainnya Hipni berhasil menyita pandangan 70% dari 17 kecamatan di Lampung Selatan.

Masyarakat Lampung Selatan menilai pengusaha sukses yang juga putra daerah inilayak menduduki kursi Lampung Selatan 1 pada periode 2021-2024. Hasil survei tim Pilkada Serentak 2020 mencatat, diantara para calon bupati (cabub), Hipni layak mengimbangi cabub Nanang Ermanto dan cabub kompetitor lainnya.

Dilihat dari data survei, Hipni banyak dikenal masyarakat Lampung Selatan, dengan nilai responden 38,70% pengenalan responden terhadap dirinya dan 17,3% tingkat nilai kesukaan responden terhadap dirinya.

Unggulnya cabub besutan Partai Golkar ini dikarenakan masyarakat sangat percaya dengan Hipni yang selalu memberikan perhatian kepada para petani maupun masyarakat sekitar. Hal tersebut tercatat dari hasil survei dimana sebesar 15,62% masyarakat menginginkan setiap bupati harus mampu mengatasi masalah ekonomi, 15,40% masyarakat menilai dari sisi perhatian terhadap masyarakat, yang disusul dengan berjiwa sosial 8,18%, lalu tingkat kejujuran dengan peringkat 6,72%.

Masuknya Hipni di dunia perpolitikan diawali ketika dirinya menjabat sebagai Kepala Desa Palas Pasemah periode 2002-2008. Lalu dilanjutkan sebagai anggota DPRD Kabupaten Lampung Selatan periode 2009 - 2014 dan periode 2014-2017.

Sebagai putra daerah, Hipni merindukan Lampung Selatan sebagai kota yang bermartabat dan membanggakan. Untuk itulah, berbekal ilmu dan pengalamannya sebagai seorang petani, pengusaha, kepala Desa dan juga ikut serta dalam memantau kinerja pemerintahan saat menjadi anggota DPRD Lampung Selatan selama 10 tahun, Hipni berani bertarung memperebutkan Kursi Bupati Lampung Selatan.

Hipni mengusung visi, yaitu terwujudnya Kapupaten Lampung Selatan yang berkeadilan, sejahtera, mandiri, berakhlak dan bermartabat dengan pemerintahan yang jujur, cepat tanggap, peduli dan profesional dengan melibatkan partisipasi masyarakat.

Sejumlah aspek akan dibangun oleh Hipni pada masa kepemimpinannya, di antaranya pembangunan di dunia pariwisata, pembangunan di dunia pertanian dan pembangunan insfrastruktur sekaligus pelayanan masyarakat.
(shf)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top