Banjir Bandang Terjang Sumatera Barat, Puluhan Rumah Rusak

Jum'at, 13 Maret 2020 - 01:05 WIB
Banjir Bandang Terjang Sumatera Barat, Puluhan Rumah Rusak
Banjir Bandang Terjang Sumatera Barat, Puluhan Rumah Rusak
A A A
SUMBAR - Banjir bandang yang terjadi di Nagari Batu Kambing dan Nagari Sitalang, Kecamatan Ampek Nagari, Agam, Sumbar pada Kamis (12/3/2020), pukul 17.15 WIB, telah surut. Meski demikian, kejadian ini menyisakan lumpur dengan ketebalan berbeda.

”Banjir yang dipicu salah satunya karena faktor intensitas hujan tinggi mengakibatkan kerugian materiil berupa kerusakan rumah warga,” ujar Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Bencana BNPB Agus Wibowo dalam keterangan resminya yang diterima SINDOnews.

Di sisi lain, banjir juga mengakibatkan 5 kepala keluarga (KK) mengungsi ke rumah saudara dan tetangga mereka. Menurut dia, BPBD Kabupaten Agam hingga kini masih melakukan pendataan korban. ”TRC BPBD Kabupaten Agam melakukan kaji cepat, berkoordinasi dengan instansi terkait dan bersama tim gabungan melakukan upaya penanganan berupa pembersihan material lumpur,” katanya.

Selain itu, kata dia, tim gabungan masih melakukan evakuasi warga. Dia menyebutkan, tantangan penanganan darurat di lapangan yaitu padamnya listrik dan akses jalan ke lokasi tertutup lumpur dan jauh. “Tim gabungan yang bekerja di lapangan terdiri dari BPBD Kabupaten Agam, Dinas Sosial Kabupaten Agam, Tagana, Pemerintah Kecamatan Ampek Nagari, tim rescue POL PP dan Damkar Kabupaten Agam, TNI, Polri, PMI, KSB dan warga setempat,” katanya.

Berikut ini kerugian meteriil akibat banjir bandang:

Nagari Batu Kambing:
- 30 unit rumah terdampak
- 2 Unit sekolah terdampak
- 1 unit Mushola terdampak
- TMA saat banjir 50-100 cm
- TMA Saat ini (Lumpur) 30-50 cm

Nagari Sitalang:
- 4 unit rumah (RB)
- 1 unit rumah (RS)
- 1 Unit rumah (RR)
- 4 unit Kedai (RB)
- 2 unit Kedai (RS)
- 1 unit Pasar (terdampak)
- 2 unit Masjid terdampak
- 1 unit jembatan roboh
- TMA saat ini (Lumpur) 30-70 cm
(cip)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3605 seconds (0.1#10.140)