UPT LLK UKM Disnakertrans Morowali Buka Pelatihan Berbasis Kompetensi

Jum'at, 06 Maret 2020 - 16:26 WIB
UPT LLK UKM Disnakertrans Morowali Buka Pelatihan Berbasis Kompetensi
UPT LLK UKM Disnakertrans Morowali Buka Pelatihan Berbasis Kompetensi
A A A
BUNGKU - Sebanyak 80 orang peserta, mengikuti lima paket pelatihan ketrampilan berbasis kompetensi tahap I yang diselenggarakan oleh Unit Pelaksana Teknis Lokal Latihan Kerja Usaha Kecil Menengah (UPT LLK UKM) Disnakertrans Kabupaten Morowali. hal ini untuk meningkatkan keahlian kerja bagi peserta yang ingin mengembangkan dirinya dalam berwirausaha maupun di Dunia kerja.

Tujuan dilaksanakan pelatihan berbasis kompetensi adalah menitik beratkan pada penguasaan kemampuan kerja yang mencakup pengetahuan, keterampilan dan sikap sesuai standar kompetensi yang dipersyaratkan pada masing-masing jurusan. Sementara sasarannya adalah masyarakat pencari kerja dan berwirausaha mandiri sehingga dapat menyerap tenaga kerja dan menciptakan lapangan usaha.

"Ini untuk melatih kemampuan kerja bagi masyarakat pencari kerja dan berwirausaha mandiri. Pelatihan akan berlangsung kurang lebih sebulan yakni mulai tanggal 2 Maret – 9 April 2020 untuk jurusan computer operator assistant, 2 Maret – 22 April 2020 pelatihan kejuruan pengelasan SMW 3 G, dan Jurusan pemasangan listrik bangunan sederhana dimulai pada tanggal 2 Maret – 9 April," ungkap PLT. Kepala UPT LLK UKM Kabupaten Morowali selaku Ketua Panitia, Sri Wahyuni N. Akbar saat menyampaikan laporannya.

Hadir dalam kegiatan, Sekretaris Daerah (Sekda) Morowali, H. Moh. Jafar Hamid, Kepala Balai Latihan Kerja (BLK) Makassar, Fitroh Hanrahmawan, Sekretaris Disnaker Morowali, Ichsan Lamidu dan sejumlah panitia pelaksana.

Pembukaan pelatihan dilakukan oleh Sekda Kabupaten Morowali, Moh. Jafar Hamid, Rabu (04/03/0), di Aula Balai Latihan Kerja Kabupaten Morowali, Desa Bahomohoni Kecamatan Bungku Tengah. Pembukaan pelatihan ditandai dengan penyerahan atribut pelatihan pada perwakilan peserta oleh Sekda Morowali.

Dalam sambutannya, Sekda meminta, agar para peserta mengikuti pelatihan dengan serius. "Dengan pelatihan, kesempatan untuk merubah hidup sesuai harapan dan yang dicita-citakan akan tercapai. Olehnya setelah mendapatkan ilmu, harus bisa diterapkan untuk diri pribadi dan keluarga," Kata Jafar Hamid.

Ia berharap seluruh peserta dapat mengikuti pelatihan dengan sebaik-baiknya. "Saya atas nama Pemerintah Daerah berharap bahwa seluruh peserta pelatihan disemua jurusan dapat mengikutinya dengan sebaik-baiknya, sehingga ilmu yang didapat ditempat pelatihan dapat bermanfaat untuk pengembangan diri masing-masing terutama dalam menghadapi dunia kerja," jelas mantan Kadis Kelautan Kabupaten Morowali tersebut.

Pada kesempatan yang sama Kepala BLK Makassar, Fitroh Hanrahmawan, mengatakan kegiatan yang kita lakukan merupakan bagian dari kerjasama partnership kami dari BLK UPT pusat dan daerah sehingga tahun ini ada kucuran dana pelatihan untuk Kabupaten Morowali. Kegiatan ini tanpa ada upaya yang sungguh-sungguh dari pemda tidak akan terlaksana seperti ini, olehnya kami sangat apresiasi upaya Pemda Morowali dalam mewujudkan peningkatan SDM di Daerah ini.

"Sinergitas antara pemda dan pusat terkait peningkatan SDM pencari kerja bisa kita wujudkan mana kala kita selalu berkomunikasi dengan baik dalam meningkatkan SDM tenaga kerja di Daerah. Ini adalah langkah menuju kesuksesan bagi adik-adik peserta. Mudah-mudahan pilihan tersebut merupakan tangga karir yang baik dalam dunia kerja. Olehnya ikutilah pelatihan ini dengan sungguh-sungguh, sehingga ilmu yang didapat dapat menjadi modal dimasa mendatang baik dalam berwirausaha maupun di dunia kerja," pungkasnya.
(atk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0994 seconds (0.1#10.140)