PDIP Usung Petahana Ade Sugianto di Pilkada Tasikmalaya

Senin, 27 Januari 2020 - 22:19 WIB
PDIP Usung Petahana Ade Sugianto di Pilkada Tasikmalaya
PDIP Usung Petahana Ade Sugianto di Pilkada Tasikmalaya
A A A
TASIKMALAYA - Meski masa Pendaftaran Bakal Calon Bupati/Wakil Bupati Tasikmalaya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) masih menyisakan sekira lima bulan lagi atau pertengahan Juni 2020, sejumlah Partai Politik di Kabupaten Tasikmalaya mulai melakukan penjaringan.

Partai Golkar dan Partai Demokrat telah membuka pendaftaran sejak 21 Januari yang akan berakhir pada 30 - 31 Januari 2020. Adapun PDI Perjuangan telah lebih dahulu melakukan penjaringan yang dipastikan mengusung Petahana Bupati, Ade Sugianto.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PDI Perjuangan Kabupaten Tasikmalaya, Demi Hamzah Rahadian mengatakan sejak awal sudah melakukan penjaringan sehingga proses tersebut telah lewat.

"Kalau diinternal aspirasinya ke Pak Ade (Petahana) karena tidak ada lagi yang mendaftar. Ya sinyal-sinyalnya begitu, artinya sampai saat ini tidak ada calon lain meskipun penentu ada di DPP," kata Demi, Senin (27/1/2020).

Dilain pihak Sekretaris Tim Penjaringan Bakal Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah Partai Golkar Kabupaten Tasikmalaya, Aang Budiana mengatakan ada lima orang mengambil formulir ke Partai Golkar.

Dua orang telah mendaftar yaitu Azis Rismaya (Pengusaha Mayasari) dan Iwan Saputra (Birokrat). Adapun tiga orang lainnya yakni Yod Mintaraga (Anggota DPRD Jabar), Erry Purwanto (Ketua DPD Partai Golkar) dan Nanang Nurjamil.

"Yang daftar resmi baru dua orang. Kabarnya Bu Lina istri Wagub dan dari Kemenag Suryana baru sebatas telepon," ujarnya.

Menurut Aang, tugas Partai di bawah sebatas melakukan penjaringan yang selanjutnya dilaporkan ke DPD untuk disampaikan ke DPP.

"Keputusan di DPP karena kami disini sebatas menjaring yang tanggal 31 Januari akan rapat verifikasi dengan perwakilan provinsi untuk diserahkan ke pusat," ucapnya.

Terkait keharusan berkoalisi, Aang mengungkapkan karena Partai Golkar hanya tujuh kursi diserahkan ke calon yang akan diusung kelak.

Sementara itu Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Tasikmalaya, Ferry Wiliam bahwa sudah membuka pendaftaran sejak 24 Januari 2020 yang akan ditutup pada 31 Januari 2020.

Sampai Senin, 27 Januari 2020, telah empat orang mendaftar yakni Azis Rismaya, Iwan Saputra, Ujang Sukmana dan Nanang Nurjamil. Sama halnya seperti partai lain, kata Ferry, melakukan verifikasi untuk disampaikan ke Provinsi dan ke Pusat.

"Nah terkait Azis Rismaya yang santer diusung Gerindra tidak jadi persoalan karena dalam politik bisa saja begitu. Yang jelas Partai Demokrat punya kader yang diusung," tuturnya.

Pilkada Kabupaten Tasikmalaya akan digelar pada 23 September 2020. Sejumlah Bakal Calon sudah meramaikan ruang publik dengan maraknya pemasangan baligo serta terjun ke masyarakat.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6684 seconds (0.1#10.140)