Ayam Berkaki Empat Ini Gegerkan Sumbar, Ditawar Pengusaha Rp50 Juta

Senin, 09 Desember 2019 - 09:22 WIB
Ayam Berkaki Empat Ini Gegerkan Sumbar, Ditawar Pengusaha Rp50 Juta
Ayam Berkaki Empat Ini Gegerkan Sumbar, Ditawar Pengusaha Rp50 Juta
A A A
AGAM - Seekor ayam broiler di Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar) memiliki keunikan yakni berkaki empat. Dimana, selain sepasang kaki yang tumbuh normal seperti ayam pada umumnya, ayam berusia dua bulan ini memiliki kaki tambahan pada bagian ekor.

Pemilik ayam ini adalah Deliusman (54) peternak ayam broiler di Taratak, Jorong Tigo Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Menurut Deliusman, ayam tersebut ditemukan dua bulan lalu, beberapa hari setelah ribuan bibit ayam dipasok ke kandangnya.

Awalnya, ia menyangka ada anak ayam yang terinjak dengan usus ayam keluar di ekornya, namun saat akan ditangkap ayam dengan usus keluar itu lari berbaur dengan anak-anak ayam lainnya.

Keesokan harinya Deliusman berhasil menangkap ayam yang ternyata berkaki empat ini, lalu memelihara di kandang yang terpisah dari ayam lain.

"Pertama dilihat, seperti ada anak ayam terinjak keluar perutnya, rupanya bukan perut tapi kaki, lalu saya angkat dan pisahkan dari ayam banyak lainnya. Sekarang umurnya lebih kurang sudah 2 bulan sampai sekarang alhamdulillah ayam ini sehat," katanya.

Deliusman mengaku sebelumnya ada yang menawar ayam nya ini mencapai lima puluh juta rupiah, namun ia tidak berniat menjualnya karena seumur hidup baru kali ini melihat dan memiliki ayam unik berkaki empat.

"Kemarin ada terlpon dari Batam menawar ayam ini Rp50 Juta, tapi kami belum berniat menjualnya, karena baru kali ini dapat ayam unik seperti ini," pungkasnya.

Deliusman mulai beternak ayam broiler sejak empat bulan lalu, setelah pulang kampung dari merantau di Medan, Sumatera utara.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4592 seconds (0.1#10.140)