BNPB Siapkan Drone untuk Jangkau Lokasi Gempa Halmahera

Senin, 15 Juli 2019 - 17:37 WIB
BNPB Siapkan Drone untuk...
BNPB Siapkan Drone untuk Jangkau Lokasi Gempa Halmahera
A A A
JAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bergerak sigap dalam upaya menindaklanjuti wilayah terdampak gempa bumi di Halmahera Selatan, Maluku Utara.

Plh Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Agus Wibowo mengungkapkan, pihaknya telah melakukan beberapa upaya untuk mengevakuasi warga di wilayah tersebut.

"Upaya yang sudah kita lakukan, pertama kemarin sore kepala BNPB tim reaksi cepat dari BNPB untuk segera bergerak ke Ternate, ke lokasi gempanya," ujar Agus di Graha BNPB, Jakarta, (15/7/2019).

Agus menambahkan, BNPB bakal menurunkan tim drone ke lokasi bencana. Sebab, hal itu mempermudah tim di lapangan untuk melakukan inventarisasi dampak gempa bumi Halmahera Selatan, Maluku Utara.

"Karena lokasinya yang sangat sukar sulit dijangkau, sehingga perlu survei secara cepat dengan mengirimkan tim drone supaya bisa cepat inventarisasi berapa rumah rusak dan kerusakannya," jelasnya.

Agus mengungkapkan, Pemerintah Kabupaten Halmahera Selatan telah menyiapkan tiga titik pengungsian, yaitu di Kantor Bupati, Masjid Raya, dan rumah dinas Bupati Halmahera Selatan.

Selain itu, kata Agus, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkominda) Halmahera Selatan juga memfokuskan pendirian posko dan titik pengungsian di Labuha.

"Sejak semalam Pemda Halmahera Selatan bersama TNI-Polri serta instansi terkait fokus pada penanganan para pengungsi yang berada disejumlah titik dan mengumpulkan tenda, memasang tenda pada sejumlah lokasi pengungsian serta merencanakan pendistribusian logistik," tuturnya.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0321 seconds (0.1#10.140)