Madiun Dilanda Banjir Hebat, 515 Orang Dievakuasi

Kamis, 07 Maret 2019 - 09:56 WIB
Madiun Dilanda Banjir Hebat, 515 Orang Dievakuasi
Madiun Dilanda Banjir Hebat, 515 Orang Dievakuasi
A A A
JAKARTA - Tim SAR gabungan telah mengevakuasi sebanyak 515 orang warga Madiun dari lokasi banjir yang melanda Kabupaten Madiun sejak Rabu 6 Maret 2019.

Seperti ditulis Basarnas.go.id, 515 orang tersebut terdiri atas 150 orang warga kecamatan Pilangkenceng yang dievakuasi ke sebuah pondok pesantren terdekat, 200 orang warga Kecamatan Mejayan, 75 orang warga kecamatan Balerejo, dan 90 orang warga Kecamatan Wonoasri.

Wilayah yang terdampak banjir di Kecamatan Pilang kenceng, yaitu di Dusun Purworejo. Wilayah terdampak banjir di kecamatan Balerejo, yaitu Desa Balerejo, desa Bulakrejo, Desa Warurejo, Desa Garon, Desa Glonggong, Desa Pacinan dan desa Gulug. Wilayah yang terdampak banjir di kecamatan Wonoasri, yaitu dusun Temboro dan desa Krapyak.

Sementara itu, wilayah terdampak banjir di kecamatan Mejayan, yaitu di Jalan Cempaka, Kelurahan Bangunsari dan dusun Mrau. Wilayah yang terparah terdampak banjir, yaitu di RT 19 dan RT 20 / RW 06. Hal ini disebabkan karena lokasinya lebih rendah dari jalan utama dan berdekatan dengan Bengawan Solo.

Komandan tim operasi Kantor Pencarian dan Pertolongan (SAR) Surabaya, Gian Ery mengatakan, proses evakuasi para warga berjalan cukup lancar, meskipun harus dilaksanakan saat hujan deras. Dengan penuh hati-hati, tim SAR gabungan bergegas melakukan evakuasi mengantisipasi naiknya debit air.

“Dalam upaya membantu evakuasi warga Kabupaten Madiun yang terdampak bencana banjir ini, Kantor SAR Surabaya mengerahkan dua tim operasi, satu tim diberangkatkan dari Kantor SAR Surabaya dan satu tim lainnya dari Pos SAR Trenggalek. Masing-masing tim terdiri atas enam orang personel,” kata Ery.

Selain tim operasi Kantor SAR Surabaya, upaya evakuasi para warga terdampak banjir ini juga melibatkan peran serta sejumlah pihak, baik personel dan juga peralatan, diantaranya dari KODIM 0803 Madiun, Brimob Kompi C Madiun, BPBD kabupaten Madiun, SAR MTA Madiun dan perangkat kecamatan yang terdampak
(dam)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5938 seconds (0.1#10.140)