Bangun Aplikasi KAGAMAPAY, Sasar 100 Ribu Alumni UGM

Minggu, 16 Desember 2018 - 16:15 WIB
Bangun Aplikasi KAGAMAPAY, Sasar 100 Ribu Alumni UGM
Bangun Aplikasi KAGAMAPAY, Sasar 100 Ribu Alumni UGM
A A A
YOGYAKARTA - Keluarga Alumni Universitas Gadjah Mada (KAGAMA) menggandeng PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) untuk membangun aplikasi komunitas khusus anggota KAGAMA. Sentuhan financial technology dan cash management yang terus dikembangkan BNI semakin menyempurnakan manfaat aplikasi komunitas yang sekaligus berfungsi sebagai wahana berkomunikasi antar alumni Universitas Gadjah Mada (UGM) ini.

Dengan masuknya BNI ke dalam aplikasi tersebut maka aplikasi para alumni UGM ini diperkenalkan dengan nama KAGAMAPay.

Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara KAGAMA dengan BNI di Balai Senat, Gedung Pusat UGM, Yogyakarta, Sabtu (15 Desember 2018), sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) KAGAMA 2018 sekaligus Peluncuran aplikasi KAGAMAPAY.

Penandatangan PKS tersebut dilaksanakan oleh Sekretaris Jenderal PP KAGAMA Ari Dwipayana dengan Deputy General Manager Hubungan Kelembagaan BNI Ahmad Salman Somantri. Hadir menyaksikan acara tersebut Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) KAGAMA, Ganjar Pranowo yang adalah Gubernur Jawa Tengah, dan Rektor UGM Panut Mulyono.

Sekretaris Jenderal PP KAGAMA, Ari Dwipayana, dalam kesempatan tersebut mengatakan, KAGAMA telah melakukan banyak terobosan untuk memfasilitasi dan men-generate manfaat bagi para alumni UGM, anggota KAGAMA. Salah satunya adalah menjalin kerja sama dengan BNI berupa penyediaan layanan transaksi melalui pemanfaatan fasilitas perbankan BNI dalam bentuk aplikasi KAGAMAPay.

“Di Rakernas kali ini kita me-launch aplikasi KagamaPay, suatu aplikasi e-Wallet (dompet elektronik) berbasis android dan IOS untuk mendukung kebutuhan e-commerce Alumni seperti beli pulsa/paket data, bayar listrik, PDAM, bayar iuran BPJS. Di samping itu aplikasi ini juga bisa digunakan untuk membangun jaringan sesama alumni melalui fitur KEKANCAN, berdonasi sosial melalui fitur DONASI, dan update berita/kegiatan KAGAMA melalui fitur News dan Event. Ke depan kita kembangkan terus aplikasi ini untuk mendukung transaksi bisnis dan kegiatan sosial yang dilakukan alumni UGM,” papar Ari Dwipayana dalam keterangan tertulis yang diterima SINDOnews, Minggu (16/12/2018).

Sementara itu, Corporate Secretary BNI Kiryanto menuturkan, penandatanganan kesepakatan kerjasama ini dilakukan sebagai upaya untuk memberikan solusi layanan keuangan kepada anggota KAGAMA. Kerjasama tersebut juga merupakan bentuk nyata dukungan BNI bersama KAGAMA dalam memberikan solusi layanan keuangan secara komprehensif kepada anggota KAGAMA.

Adapun bentuk solusi layanan keuangan pada tahap awal dilakukan dengan menerbitkan uang elektronik Co Branding, fitur pembayaran tagihan serta pembelian melalui aplikasi KAGAMAPAY. Untuk layanan pembayaran tagihan dan pembelian, KAGAMA menggandeng BNI untuk memanfaatkan service fitur BNI (Sharing biller). Adapun untuk uang elektronik KAGAMAPAY menggunakan fasilitas Co branding Uang Elektronik yang dikembangkan oleh BNI.

Dengan kerjasama ini, pengguna KAGAMAPAY dapat melakukan Pembayaran tagihan telepon dan telepon genggam pasca bayar, PLN, PDAM, BPJS Kesehatan, transfer antara uang elekronik, serta Pembelian Pulsa telepon genggam.

Aplikasi KAGAMAPAY dapat diunduh di play store dan apps store oleh seluruh anggota KAGAMA. Aplikasi ini masih akan terus dikembangkan untuk mendukung solusi keuangan lainnya seperti e-commerce untuk mendukung transaksi bisnis yg dilakukan para alumni UGM di seluruh Indonesia.

Saat ini total anggota KAGAMA 400 ribu lebih. Anggota yang aktif menggunakan media sosial mencapai lebih dari 100.000 orang, baik yang berdomisili di dalam negeri maupun luar negeri.

Selain memberikan solusi layanan keuangan, Aplikasi KAGAMAPAY juga dapat memberikan informasi antar komunitas, news, serta fitur donasi untuk bencana alam maupun beasiswa KAGAMA.

Harapannya dengan adanya Aplikasi KAGAMAPAY ini sinergi dan rasa kekeluargaan antar anggota KAGAMA semakin erat ditambah dengan adanya solusi layanan keuangan pada aplikasi KAGAMA PAY yang didukung oleh BNI.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5207 seconds (0.1#10.140)