Sandiaga Uno Terekam Video Langkahi Makam KH Bisri Syansuri

Jum'at, 09 November 2018 - 22:53 WIB
Sandiaga Uno Terekam Video Langkahi Makam KH Bisri Syansuri
Sandiaga Uno Terekam Video Langkahi Makam KH Bisri Syansuri
A A A
JAKARTA - Calon wakil presiden (cawapres) Sandiaga Salahuddin Uno kembali menjadi sorotan setelah dia terekam video melangkahi makam ulama dan salah satu tokoh pendiri Nahdlatul Ulama (NU) KH Bisri Syansuri di Kompleks Pondok Pesantren (Ponpes) Denanyar, Jombang, Jawa Timur. Video berdurasi 14 detik itu beredar luas dan viral di media sosial.

Dalam video itu, Sandi awalnya melakukan tabur bunga di makam KH Bisri Syansuri. Setelah selesai, mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta itu terlihat melangkahi makam tersebut untuk beralih menabur bunga ke makam lain.

Calon presiden (capres) Prabowo Subianto yang juga bersama Sandi nyaris mengikuti langkah cawapresnya. Namun dia dicegah pengurus Ponpes Denanyar dan diminta memutar tidak melangkahi makam.

"Beredarnya video Sandiaga Uno melangkahi makam Kiai Bisri Syansuri sangat menyakitkan hati kami, para santri Beliau. Saya mencela perbuatan yang jauh dari akhlaknya santri ini," kata Sekjen Pimpinan Pusat GP Ansor, Abdul Rochman dalam pesan WhatsApp yang diterima SINDOnews, Jumat (9/11/2018) malam.

Abdul Rochman sangat menyesalkan tim kampanye yang tidak mengingatkan Sandi mengenai tata cara dan adab berziarah ke makam ulama. Menurutnya, di kalangan santri, adab lebih utama daripada ilmu. "Demikianlah kiai-kiai kami mengajarkan," kata santri Ponpes Denanyar ini.

Untuk diketahui, KH Bisri Syansuri merupakan salah satu pendiri NU. Pendiri Ponpes Denanyar, Jombang ini merupakan mantan Rais Am Syuriah PBNU. Kiai Bisri Syansuri juga adalah kakek Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dari pihak ibu.
(amm)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1370 seconds (0.1#10.140)