50 Hektare Hutan di Toba Samosir Terbakar

Jum'at, 27 Juli 2018 - 13:13 WIB
50 Hektare Hutan di Toba Samosir Terbakar
50 Hektare Hutan di Toba Samosir Terbakar
A A A
Sekitar 50 hektare kawasan hutan di Desa Sibodiala, Kecamatan Pakpahan Kabupaten Toba Samosir (Tobasa) terbakar. Kebakaran yang terjadi sejak Rabu 25 Juli 2018 itu belum berhasil dipadamkan. Kepala Bidang Perlindungan Hutan Dinas Kehutanan Provinsi Sumatera Utara (Sumut), Yuliani Siregar mengatakan, akibat kebakaran itu, pihaknya mencatat, luas areal hutan yang terbakar ditaksir telah mencapai seluas 50 hektare.

"Kita belum ada data pasti. Tapi ditaksir luas areal yang terbakar mencapai 40-50 hektare," kata Yuliani, Jumat (27/7/2018).

Yuliani menjelaskan, hingga kini pihaknya terus melakukan upaya pemadaman api. "Saat ini kita sudah berkoordinasi dengan kementerian. Rencananya untuk pemadaman akan dilakukan pakai water bom," jelasnya.

Dikatakannya, cuaca di lokasi kebakaran hutan yang kering serta angin kencang, menyebabkan api dengan cepat menyebar. Hal ini membuat proses pemadaman dilakukan medannya cukup sulit.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tobasa, Herbet Pasaribu mengatakan upaya pemadaman telah dilakukan oleh tenaga full tim yang terdiri dari Dinas Kehutanan, BPBD, Damkar hingga TNI-Polri. "Di samping itu medannya juga curam. Sehingga pemadaman masih sulit dilakukan," ungkapnya.

Meski kebakaran hutan sudah cukup luas, namun Herbet mengaku, pihaknya belum mengetahui dari mana sumber api. "Sumber api kita belum tahu. Tapi mudah-mudahan api bisa dengan cepat dipadamkan," pungkasnya.

(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8368 seconds (0.1#10.140)