Kreatif! Mahasiswa KKN 119 UMM Olah Ikan Mujaer Jadi Abon

Selasa, 24 Juli 2018 - 06:00 WIB
Kreatif! Mahasiswa KKN 119 UMM Olah Ikan Mujaer Jadi Abon
Kreatif! Mahasiswa KKN 119 UMM Olah Ikan Mujaer Jadi Abon
A A A
MALANG - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) 119 Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) membuat inovasi kreatif pengolahan Ikan Mujaer menjadi Abon Ikan. Hal ini terungkap dalam Seminar Kewirausaan di Balai Desa Senggreng, Kecamatan Sumber Pucung, Kabupaten Malang, Senin (23/7/2018).

Keberadaan Bendungan Sutami menjadi salah satu sumber penghasilan masyarakat Desa Senggreng. Selain pertanian dan perkebunan, sektor perikanan juga menjadi salah satu sektor unggulan warga sekitar. Keberadaan waduk di Desa Senggreng dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk membudidayakan ikan mujaer.

Koordinator Desa KKN 119 UMM, Dwi Agung Prasetyo menjelaskan, selama ini masyarakat desa sekitar masih kurang melakukan inovasi dalam pengolahan ikan yang menjadi salah satu komoditi unggulan warga desa.

"Ikan Mujaer selama ini hanya dikonsumsi masyarakat sebagai masakan, digoreng dan dimasak kuah pedas. Padahal Ikan Mujaer dapat diolah menjadi berbagai macam olahan. Karena itu, kami berfikir untuk mengolah ikan mujaer menjadi olahan yang lebih inovatif," ujarnya.

Dony Kurniawan, pengurus Lembaga Aspirasi Masyarakat Moreno Champion Center (MCC) berupaya mendorong masyarakat untuk dapat membentuk usaha bersama dan melakukan berbagai inovasi-inovasi dalam mengelola sumber daya di Desa Senggreng.

"Inovasi dalam mengelola sumber daya tersebut akan mampu menggerakkan ekonomi masyarakat," katanya.

Agnia Addini selaku perwakilan mahasiswa KKN UMM menjelaskan, pengolahan Ikan Mujaer menjadi abon ini merupakan langkah awal yang coba dikembangkan sebagai upaya mendorong masyarakat dalam berwirausaha.

"Nantinya Abon Senggreng Makgreng ini dapat menjadi oleh-oleh yang dapat dikenal masyarakat luas sebagai makanan khas desa Senggreng," tukas Agnia.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0740 seconds (0.1#10.140)
pixels