Polda Maluku Kirim Bantuan Korban Kelaparan di Pulau Seram

Senin, 23 Juli 2018 - 22:23 WIB
Polda Maluku Kirim Bantuan Korban Kelaparan di Pulau Seram
Polda Maluku Kirim Bantuan Korban Kelaparan di Pulau Seram
A A A
AMBON - Polda Maluku akan mengirimkan bantuan logistik, obat-obatan dan tenaga medis untuk warga Mausu Ane yang merupakan suku pedalaman di hutan Seram, Gunung Morkelle, Kecamatan Maluku Tengah, karena bencana kelaparan. Akibat kelaparan, 3 orang menderita busung lapar hingga meninggal dunia.

"Jadi mereka merupakan masyarakat terasing atau nomaden. Kemudian mereka hanya dapat ditemui dengan perantara yaitu Raja Maneo," kata Kapolda Maluku Irjen Pol Andap Budhi Revianto kepada SINDOnews, Senin (23/7/2018).

Setelah berkoordinasi dengan Raja Maneo, diketahui para suku Mausu Ane, tinggal di Dusun Maneo. Perjalanan menuju Dusun Maneo membutuhkan waktu sekitar 8 jam melalui jalur darat dari Kota Masohi. "Jadi memang lokasi dusun itu sangat jauh. Rute paling dekat yaitu dari Kali Tohaku dekat Polsek Seram Utara. Dari Kali Tohaku dapat ditempuh berkendara 3 jam dari Wahai dan 8 jam dari Masohi," terang jenderal bintang dua ini.

Setelah berkoordinasi, Polda Maluku memberikan bantuan berupa beras 1 ton, mi instan 200 dus, gula 100 kg, obat-obatan dan bantuan tenaga medis. Selain itu, Polda juga melakukan koordinasi dengan stakeholder terkait agar penanggulangan insiden ini dapat ditangani secara terintegrasi.

"Penyerahan nanti akan dilakukan di Desa Siahari pada Kamis (26/7/2018) pukul 12.00 WIT. Teknis penyerahannya melalui Kapolres Maluku Tengah bersama dengan Satuan Brimob yang akan berangkat Rabu (25/7) dan nanti akan bertemu dengan Kepala Desa Maneo di Desa Wai Muse," tutup mantan Kapolda Sulawesi Tenggara (Sultra) ini.
(poe)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5573 seconds (0.1#10.140)