Hasil Resmi Pilbup Karanganyar Diumumkan Paling Cepat 5 Juli

Kamis, 28 Juni 2018 - 06:00 WIB
Hasil Resmi Pilbup Karanganyar...
Hasil Resmi Pilbup Karanganyar Diumumkan Paling Cepat 5 Juli
A A A
KARANGANYAR - Hasil resmi Pemilihan Bupati (Pilbup) Karanganyar, Jawa Tengah bakal diumumkan KPU setempat setelah tahapan di tingkat kecamatan selesai dilakukan. Hasil perolehan suara diperkirakan baru diumumkan paling cepat 5 Juli mendatang.

Ketua KPU Karanganyar Sri Handoko Budi Nugroho mengatakan, pihaknya tidak melakukan hitung cepat karena sesuai perintah KPU pusat tidak diperkenankan melakukan itu. “Karena ketentuannya tidak begitu, kami fokus untuk scan formulir model C,” kata Handoko di Karanganyar, Jawa Tengah, Rabu (27/6/2018) malam.

Dalam formulir itu di antaranya terdapat hasil perolehan suara di masing masing tempat pemungutan suara (TPS). Baik hasil Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah maupun Pilbup Karanganyar yang digelar bersamaan. Hasil scan formulir C selanjutnya dikirim dan diunggah di website KPU pusat.

Sesuai tahapan di KPU Karanganyar, hasil Pilbup di Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sampai 4 Juli mendatang. Sehingga tahapan di KPU Karanganyar dilaksanakan mulai 5 Juli. “Setelah kami plenokan, baru diumumkan hasilnya,” ungkapnya.

Meski tidak membeberkan tanggal pasti pengumuman hasil pemilihan, dia menyebut sesuai tahapan di KPU. Sehingga pengumuman hasil dimungkinkan paling cepat 5 Juli mendatang. Disinggung mengenai hasil hitung cepat internal yang dilakukan masing masing kandidat, pihaknya tidak tahu menahu. Perlu diketahui, dalam Pilbup Karanganyar terdapat dua pasangan calon yang bertarung.

Yakni pasangan Juliyatmono-Robber Christanto (Yuro) serta pasangan Rohadi Widodo-Ida Retno Wahyuningsih (Roda). Pasangan Yuro sebelumnya mengklaim unggul 57% dari hasil hitung cepat yang mereka dilakukan. Sementara, pasangan Roda belum memberikan hasil hitung cepat yang mereka laksanakan.

Tim pemenangan pasangan Roda belum memberikan statemen apapun terkait hasil Pilbup meski telah ditelepon maupun dikirimi pesan singkat. Demikian pula Calon Bupati Rohadi Widodo juga belum memberikan komentar. Meski telepon selulernya berulang kali dihubungi, namun tidak diangkat.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1474 seconds (0.1#10.140)