Mahasiswa Siskal ITS Wajib Kenakan Baju Adat Saat Ujian

Kamis, 07 Juni 2018 - 16:05 WIB
Mahasiswa Siskal ITS Wajib Kenakan  Baju Adat Saat Ujian
Mahasiswa Siskal ITS Wajib Kenakan Baju Adat Saat Ujian
A A A
SURABAYA - Banyak cara menunjukan kecintaan terhadap Nusantara. Seperti yang dilakukan mahasiswa semester akhir Teknik Sistem Perkapalan (Siskal) ITS, Surabaya.Mereka diwajib untuk mengenakan busana adat daerah dari seluruh Indonesia saat pelaksanaan ujian akhir semester (UAS).Kepala Departemen Teknik Sistem Perkapalan ITS Badrus Zaman menuturkan, tujuan pertama mewajibkan busana daerah adalah melatih mahasiswa untuk menerima keberagaman dan bermental Bhinneka Tunggal Ika.
Kedua, nantinya saat mahasiswa lulus dan terjun secara langsung ke masyarakat diharapkan bisa lebih memahami Indonesia secara utuh, dan memahami keberagaman yang ada di masyarakat.

“Negara kita membutuhkan generasi-generasi yang siap menjunjung tinggi Bhinneka Tunggal Ika,” ujar Badrus, Kamis (7/6/2018).

Doktor lulusan Kobe University Jepang ini melanjutkan, kewajiban mengenakan kostum tematik saat ujian ini merupakan tradisi yang sudah lama berjalan di Departemen Teknik Sistem Perkapalan ITS.

Badrus juga menjelaskan, di Siskal ini terdapat empat mata kuliah bidang desain kapal. Ujian Desain 4 merupakan ujian final bagi para mahasiswa semester akhir di departemen ini.

ohmatus Shifa, mahasiswi semester enam Siskal mengaku awalnya sedikit kerepotan saat mengenakan busana adat Jawa ini.
Namun, dengan berbalut kebaya modern ungu dan mengenakan bawahan kain serta jilbab yang selaras, dia malah merasa lebih nyaman dengan suasana ujian yang terkesan tidak terlalu formal
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0157 seconds (0.1#10.140)