Banjir Rendam Ratusan Rumah di Kubu Raya

loading...
Banjir Rendam Ratusan Rumah di Kubu Raya
Banjir Rendam Ratusan Rumah di Kubu Raya
KUBU RAYA - Ratusan rumah warga dan sejumlah sekolah di Desa Pancaroba, Kecamatan Sungai Ambawang, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, sejak sepekan terakhir ini terendam banjir. Air setinggi 1,5 meter tersebut juga menyebabkan perekonomian warga sekitar lumpuh total, terutama di dua dusun yaitu, Dusun Sangkuh dan Dusun Cangkok Manis.

Kedua dusun yang ada di Desa Pancaroba tersebut yang terparah terkena banjir akibat curah hujan yang tinggi hampir setiap harinya.

Kades Pancaroba Marulian mengatakan bahwa sudah hampir sepekan air mengenangi Desa Pancaroba ini dan ketinggian air setiap harinya terus naik, sehingga menyebabkan banyak rumah warga yang sudah terendam air.

"Ada dua dusun yang terparah terkena banjir ini dan mengakibatkan banyak lahan pertanian warga menjadi rusak terutama pada tanaman karet," kata Marulian, Jumat (25/5/2018).



Menurut Marulian, selain curah hujan yang tinggi dalam sepekan ini, banjir juga disebabkan pendangkalan sungai-sungai serta minimnya drainase yang ada, sehingga tidak bisa menampung volume air yang datang saat musim hujan.

"Kondisi seperti ini sudah jadi langganan tahunan warga yang tinggal di Desa Pancaroba ini," ujarnya.

Marulian berharap kepada pemerintah daerah khususnya instansi terkait untuk segera melakukan pengerukan sungai-sungai tersebut.
(zik)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top