SPBK-Perdami dan BCA Selenggarakan Operasi Katarak Gratis

Rabu, 23 Mei 2018 - 18:02 WIB
SPBK-Perdami dan BCA Selenggarakan Operasi Katarak Gratis
SPBK-Perdami dan BCA Selenggarakan Operasi Katarak Gratis
A A A
BENGKULU - Seksi Penanggulangan Buta Katarak Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (SPBK-Perdami) yang bekerja sama dengan PT Bank Central Asia Tbk (BCA) menggelar operasi katarak gratis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) TAIS, Kecamatan Seluma Kota Bengkulu.

Kepala Operasional Cabang (KOC) KCU BCA Bengkulu Suryono Gunawan mengatakan, kegiatan operasi katarak dilakukan secara berkesinambungan. BCA berupaya agar kegiatan ini dapat menjangkau masyarakat di berbagai wilayah Indonesia. Sementara target operasi katarak yang dilakukan di Bengkulu pada 10-12 Mei 2018 sekira 100 pasien.

“Kami menyadari bahwa layanan kesehatan yang layak dan dapat diakses oleh seluruh masyarakat Indonesia masih menjadi perhatian khusus. Kami juga menyadari bahwa katarak dapat menyerang siapapun, tidak hanya saudara kita yang sudah berumur tapi ke semua kalangan, namun umumnya katarak dapat dipulihkan melalui operasi,” papar Suryono, dalam rilisnya, Rabu (23/5/2018).

Dia mengatakan, BCA telah bekerjasama dengan SPBK-Perdami sejak 2001. Sepanjang tahun 2017, BCA telah memfasilitasi 5 tindakan operasi katarak gratis dengan total pasien sebanyak 610 pasien. Tindakan operasi katarak gratis dilakukan di RSUD Kota Tangerang, Luwu dan Luwu Timur Sulawesi Selatan, RSUD A Diponegoro Putussibau Kalimantan Barat, RSK Lindimara dan RS Karitas Kab Sumba Timur, Waingapu dan RSUD Dr H Abdul Moeloek Lampung.

Pada 2018, kata Suryo, pihaknya telah melaksanakan operasi katarak gratis di RS Mata Prima Vision Medan, RS AU Dr. M. Hassan Toto Lanud Atang Sendjaja Bogor dan RS Columbia Asia Medan pada bulan Maret lalu. “Kesehatan merupakan modal penting dalam meningkatkan kualitas hidup. Melalui operasi katarak gratis ini, diharapkan masyarakat dapat kembali pulih dan sehat untuk bersama-sama membangun potensi wilayah mereka. Mari bersama-sama membangun masyarakat yang sehat dan bebas dari katarak,” tutup Suryono.

(don)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 7.8039 seconds (0.1#10.140)