Cawagub Jatim Emil Dardak Bedah Program Pendidikan TisTas

Sabtu, 03 Maret 2018 - 07:56 WIB
Cawagub Jatim Emil Dardak Bedah Program Pendidikan TisTas
Cawagub Jatim Emil Dardak Bedah Program Pendidikan TisTas
A A A
BOJONEGORO - Calon Wakil Gubernur Jawa Timur (Jatim) Emil Elestianto Dardak membedah program "TisTas" di hadapan pengurus dan anak-anak muda Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Bojonegoro.

"TisTas" merupakan jargon pendidikan gratis berkualitas adalah satu dari sembilan program pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elastianto untuk pemilihan gubernur Jatim 2018.

"Jadi kita tidak hanya bicara bagaimana pendidikan menjadi terjangkau dengan sekolah gratis, tapi ada tuntutan lain yang jauh lebih besar yakni kwalitas pendidikan," terang Emil saat berbagi pengalaman dan gagasan dengan para pengurus dan anak-anak muda PPP Bojonegoro, Jatim, Jumat 3 Maret 2018.

Dalam "TisTas" ini pihaknya akan memastikan tercapainya target delapan standarisasi pendidikan secara lebih berkualitas pula. Mulai standarisasi kompetensi guru, manajemen pendidikan hingga sarana dan prasarana sekolah.

"Untuk Sekolah Kejuruan swasta (di Jawa Timur) saja misalnya , ada sekitar 40.000 tenaga pendidikan, apakah sudah dilakukan uji kompetensi, apa belum. Lalu ada sekitar 1.700 SMK swasta, apakah sudah terakreditasi apa belum," ujar Emil.

Jikapun telah memiliki kompetensi dan akreditasi lanjut dia, pihaknya perlu memastikan apakah output pendidikan kejuruan yang ada misalnya benar-benar memenuhi standar kualitas yang selaras dengan dinamika dunia kerja mutakhir.

"Kita akan pastikan juga agar empat dimensi yang ingin dicapai oleh lembaga pendidikan bagi anak didiknya tercapai. Yakni penguasaan pengetahuan, sikap, karakter dan keterampilan. Yang terakhir ini biasa disebut dengan soft skill," jelasnya.
(mhd)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3335 seconds (0.1#10.140)