Tak Kunjung Dibayar, Puluhan Guru Honorer Gelar Istigosah

Rabu, 27 Desember 2017 - 11:16 WIB
Tak Kunjung Dibayar, Puluhan Guru Honorer Gelar Istigosah
Tak Kunjung Dibayar, Puluhan Guru Honorer Gelar Istigosah
A A A
BANDUNG - Puluhan guru honorer di Kota Bandung menggelar istigosah di Alun-alun Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (27/12/2017).

Pantauan di lapangan, istigosah berlangsung khidwat. Sebelumnya, mereka pun melakukan salat dhuha berjamaah.

Juru bicara kegiatan istigosah Iwan Hermawan mengatakan, istigosah kali ini digelar sebagai bentuk keprihatinan atas nasib guru honorer di Kota Bandung. Hingga kini, mereka belum juga mendapatkan dana hibah dari Pemkot Bandung.

"Sudah satu tahun lamanya mereka belum juga mendapat dana hibah yang nilainya sekitar Rp2,9 juta per orang. Bagi mereka, dana sebesar itu cukup berarti karena memang penghasilan mereka masih sangat minim," kata Iwan.

Menurut dia, di Kota Bandung jumlah guru honorer mencapai 19.700 orang. Dari jumlah itu belum ada yang mendapatkan honor pemerintah. Sementara, dana hibah 2017 tidak bisa dicairkan bila sudah masuk tahun 2018.

Selama ini, mereka hanya mendapatkan penghasilan dari dana Bantuan Operasional Siswa (BOS) dan dana masyarakat. Jumlahnya pun sangat minim, sekitar Rp100.000 per bulan. Dengan adanya dana hibah dari Pemkot Bandung, diharapkan membantu pendapatan mereka.

"Belum cairnya dana hibah ini tak lepas dari kisruh pengelolaan sejak awal tahun. Memang saat ini sudah dikelola PGRI, tapi cairnya sudah injury time. Mestinya, ini dilakukan sejak dulu," imbuh Iwan.
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1638 seconds (0.1#10.140)