Muhammadiyah Nyatakan Netral di Pilgub Jatim

Sabtu, 11 November 2017 - 18:24 WIB
Muhammadiyah Nyatakan Netral di Pilgub Jatim
Muhammadiyah Nyatakan Netral di Pilgub Jatim
A A A
SURABAYA - Ketua Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah, Hajriyanto Y Thohari menyatakan Muhammadiyah bersikap netral dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur (Jatim) 2018. Salah satu organisasi masyarakat (ormas) terbesar di Indonesia itu menyerahkan sepenuhnya pilihan politik pada umat.

Hal itu disampaikan Hajriyanto usai menjadi pembicara dalam Milad Muhammadiyah ke-108 H/105 M di gedung Pengurus Wilayah (PW) Muhammadiyah Jatim, Sabtu (11/11/2017). Pihaknya berpesan agar masyarakat nanti bisa menggunakan hak pilihnya secara cerdas dan bijak. Artinya, memilih pemimpin harus yang benar-benar mampu membawa kesejahteraan bagi warga Jatim.

“Mari gunakan hak pilih secara bertanggung jawab. Pilih pemimpin yang adil dan amanah,” kata mantan Wakil Ketua MPR ini.

Sementara itu, Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf yang hadir dalam acara ini memberi apresiasi pada Muhammadiyah yang turut berperan aktif dalam memajukan Jatim. Selama ini, kata dia, Muhammadiyah banyak membantu dalam berbagai hal.

Diantaranya pendidikan dan kesehatan. Di ketahui, Muhammadiyah memiliki puluhan rumah sakit di yang tersebar di seluruh Jatim.

“Kami ingin Muhammadiyah lebih banyak lagi berperan dalam meningkatkan kesejahteraan warga Jatim,” pintanya.

Calon gubernur (cagub) Jatim yang diusung PKB-PDIP ini mengungkapkan, banyak pekerjaan rumah yang harus diselesaikan di Jatim. Antara lain, kesenjangan sosial, infrastruktur hingga kemiskinan dan pengangguran. Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) misalnya, ternyata bunga bank yang dibebankan pada mereka lebih tinggi dibanding korporasi. Jika seperti ini UMKM sulit berkembang.

“Menurut saya, masalah-masalah tersebut bisa tertangani ketika ada keterlibatan dan peran serta masyarakat,”kata Gus Ipul, sapaan akrab Saifullah Yusuf.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7403 seconds (0.1#10.140)