Parah, Air Sungai Cibanten Ini Tertutup Sampah dan Berbau

Senin, 16 Oktober 2017 - 15:17 WIB
Parah, Air Sungai Cibanten...
Parah, Air Sungai Cibanten Ini Tertutup Sampah dan Berbau
A A A
SERANG - Kondisi sungai Cibanten di Kampung Kroya, Kelaurahan Kasunyatan, Kecamatan Kasemen, Kota Serang memprihatinkan. tumpukan sampah rumah tangga menutupi seluruh bagian sungai. Akibatnya, bau tidak sedap keluar dari sungai yang berada dari komplek kraton kaibon, Banten Lama.

Salah satu warga Jamhudi (32) mengaku terganggu dengan bau tak sedap yang berasal dari tumpukan sampah di Sungai Cibanten. "Semenjak hujan besar ajah ini sampah terus numpuk, baunya semakin hari semakin parah," katanya, Senin (16/10/2017).

Dia mengkhawatirkan, jika tumpukan sampah tak kunjung dibersihkan, warga sekitar bantaran sungai dapat terjangkit berbagai penyakit. Ditambah, musim hujan mulai melanda wilayah Kota Serang.

Warga berharap, pemerintah segera membersihkan tumpukan sampah yang sudah menutupi permukaan sungai sepanjang 1 kilometer.

"Kalau bisa secepatnya diangkut sampahnya, biar warga juga nyaman. Kan enak kalau bersih sungainya. Apalagi ini dekat Banten Lama, malu sama peziarah dari luar yang lewat," ujarnya.

Untuk diketahui, Sungai Cibanten dimasa pemerintahan Sultan Ageng Tirtayasa berfungsi sebagai jalur perdagangan dari teluk Banten ke Banten Girang atau sebaliknya. Bahkan, jalur Sungai Cibanten merupakan urat nadi pereknomian kerajaan Banten Girang dan Kesultanan Banten.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0892 seconds (0.1#10.140)