Golkar Selangkah Lagi Dukung Khofifah

Minggu, 10 September 2017 - 20:15 WIB
Golkar Selangkah Lagi...
Golkar Selangkah Lagi Dukung Khofifah
A A A
SURABAYA - Partai Golkar hampir pasti mengusung Menteri Sosial Khofofah Indar Parawansa pada pemilihan gubernur (pilgub) Jatim 2018. Sinyal itu muncul berdasarkan rekomendasi 11 anggota fraksi di DPR RI beberapa hari lalu.

Anggota Fraksi Golkar DPR RI Ridwan Hisjam mengatakan, seluruh anggota fraksi dari daerah pemilihan Jawa Timur menginginkan Khofifah menjadi gubernur dan diusung oleh Golkar. Sedangkan untuk posisi wakil diambilkan dari internal kader Golkar sendiri.

“Semua sudah tanda tangan. Kami, 11 orang ingin Bu Khofifah manjadi calon nomor satu dari Golkar. Hasil ini juga sudah kami sampaikan ke DPP Golkar,” tegas Wakil Ketua Bidang Pemenangan Pemilu Wilayah Jawa Ridwan Hisjam, Minggu (10/9/2017).

Ridwan menyampaikan, meskipun bukan satu-satunya pertimbangan, namun rekomendasi fraksi akan menguatkan pertimbangan DPP dalam memilih calon. “Ya kalau dihitung, rekomendasi fraksi itu sudah 20%. Lainnya tinggal hasil survei dan komunikasi politik,” tutur mantan Ketua DPD Golkar Jatim ini.

Meskipun tidak mendaftar di DPD Golkar Jatim, Khofifah, lanjut Ridwan tetap bisa dicalonkan. Apalagi, di dalam peraturan organisasi (PO) Golkar juga tidak dikenal pendaftaran. “Yang ada itu penjaringan. Lha kalau DPD Golkar Jatim membuka pendaftaran tidak masalah. Itu bagian dari kreativitas DPD,” tutur pria yang akrab disapa Tatok ini.

Tatok menjelaskan, pemilihan terhadap Khofifah dilakukan dengan berbagai pertimbangan. Pertama, Golkar ingin ada perubahan di Jawa Timur karena itu perlu ada sosok pembaru. “Kenapa bukan Gus Ipul, karena dia ini bagian dari (rezim) yang lama. Saat ini, Jatim bukannya tidak maju. Tetapi kami ingin lebih, karena itu harus ada perubahan,” tutur alumnus ITS ini.

Kedua, Khofifah adalah kader NU yang punya cukup banyak pengalaman. Khofifah juga memiliki kapasitas dan integritas bagus sebagai seorang pemimpin. Apalagi, Ketua Umum PP Muslimat NU itu juga memiliki popularitas dan elektabilitas cukup bagus.

Ridwan Optimistis, ketika Khofifah resmi diusung Golkar, maka dukungan suara dari bawah akan sangat besar. Sebab, 11 anggota fraksi dari Jawa Timur juga punya massa cukup besar. “Tentu suara ini akan utuh memenangkan Khofifah,”tegas Tatok seusai acara dialog di PW Muhammadiyah Jatim.

Untuk memuluskan rencana tersebut, lanjut Ridwan, Golkar sedang menjajaki kemungkinan koalisi dengan beberapa partai tengah, di antaranya Gerindra, Nasdem, dan PPP. Sebab, Golkar hanya memiliki 11 kursi dan tidak bisa mengusung calon sendiri.
(wib)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0644 seconds (0.1#10.140)