Pilgub Jatim, PDIP Godok Gus Ipul, Azwar Anas, Risma, dan Kanang

Rabu, 26 April 2017 - 18:44 WIB
Pilgub Jatim, PDIP Godok...
Pilgub Jatim, PDIP Godok Gus Ipul, Azwar Anas, Risma, dan Kanang
A A A
KEDIRI - Sejumlah nama masuk dalam bursa calon gubernur Jawa Timur yang akan diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pada Pilgub Jatim 2018. Selain Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf atau Gus Ipul yang memiliki tingkat keterpilihan atau elektabilitas tinggi, nama lainnya adalah Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Bupati Ngawi Budi Sulistyono atau Kanang, dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPD PDIP Jawa Timur Sonny T Danaparamita mengatakan proses penjaringan untuk perhelatan Pilgub Jatim 2018 belum final. "Penjaringan masih berjalan," ujarnya kepada wartawan, Rabu (26/4/2017).

Di kalangan nahdliyin, khususnya di lingkungan badan otonom Gerakan Pemuda Ansor, nama Gus Ipul cukup harum. Tingkat popularitas dan elektabilitas yang tinggi itu tidak lepas dari statusnya sebagai petahana dua periode. Sedangkan Abdullah Azwar Anas terbukti berprestasi mengantarkan Banyuwangi sebagai daerah yang memukau di tingkat nasional maupun internasional, khususnya pada sektor pariwisata.

Masuknya nama Budi Sulistyono atau Kanang lebih mengacu pada kecakapannya mengelola pemerintahan. Di 'zona' Mataraman, Kanang dinilai sebagai yang terbaik.

Sementara, pengakuan internasional atas kepemimpinan Tri Rismaharini sebagai wali Kota Surabaya menjadi alasan Bappilu PDIP Jatim memasukkannya ke dalam kepala daerah atau wakil kepala daerah yang layak dijaring. Risma berpotensi menjadi rising star.

Menurut Sonny, pihaknya juga menjajaki sejumlah nama dari internal di antaranya Ketua DPD PDIP Jawa Timur sekaligus Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur Kusnadi, Sekretaris DPD PDIP Jawa Timur Sri Untari, dan Woro Reni Pramana selaku bendahara DPD PDIP Jatim. Reni merupakan saudara kandung Sekretaris Kabinet Pramono Anung Wibowo.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0973 seconds (0.1#10.140)