Gubernur Lukas Enembe Benarkan ada Pesawat yang Hilang di Papua

Rabu, 12 April 2017 - 15:14 WIB
Gubernur Lukas Enembe Benarkan ada Pesawat yang Hilang di Papua
Gubernur Lukas Enembe Benarkan ada Pesawat yang Hilang di Papua
A A A
JAYAPURA - Gubernur Papua Lukas Enembe membenarkan adanya pesawat jenis Caravan yang hilang kontak di Papua. Menurut Gubernur, dia mendapat informasi tersebut dari kru pesawat yang ditumpanginya jika ada pesawat yang hilang kontak.

Saat kejadian dirinya sedang berada diatas pesawat charter dari Bandara Sentani ke Kabupaten Pegunungan Bintang. Saat pesawat yang ditumpanginya hendak landing di Bandara Oksibil, Pegunungan Bintang, pihak Air Traffic Control (ATC) memperingatkan adanya angin kencang dan awan tebal sehingga pesawat yang ditumpanginya disarankan untuk kembali ke Sentani karena cuaca tidak memungkinkan untuk mendarat.

"Setelah itu pesawat terpaksa kembali ke Sentani. Saat kembali itu kru pesawat menginformasikan jika ada pesawat dengan tujuan Bandara Oksibil mengalami loss contact, " kata Lukas Enembe.

Menurut Gubernur, sebelumnya dia beserta rombongan berangkat ke Pegunungan Bintang berdasarkan undangan Pemkab Pegunungan Bintang. Kemungkinan pesawat yang hilang kontak tersebut juga sama hendak menghadiri kegiatan atau acara di Pegunungan Bintang.

Sebelumnya dikabarkan, sebuah pesawat jenis Caravan dengan nomor register PK-FSO dari Kabupaten Boven Digoel tujuan Pegunungan Bintang, Papua, dikabarkan hilang kontak, Rabu (12/4/2017).

Berdasarkan informasi yang dihimpun SINDOnews, personel ATC Bandara Oksibil di Pegunungan Bintang, mendapat informasi dari flight following SAS di Jakarta menyampaikan bahwa PK-FSO menunjukkan sinyal SOS pada flight tracker di koordinat 04 48' 47.7" S 140 39' 31.7" E.

Upaya pencarian informasi posisi pesawat PK-FSO dikoordinasikan antara personel ATC di WAJO dan personel ATC di WAKT (kode Bandara Tanah Merah di Boven Digoel), namun tidak mendapatkan hasil.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8387 seconds (0.1#10.140)