Banjir Landa Enam Kecamatan di Kota Jambi

Senin, 13 Maret 2017 - 22:00 WIB
Banjir Landa Enam Kecamatan di Kota Jambi
Banjir Landa Enam Kecamatan di Kota Jambi
A A A
JAMBI - Tingginya curah hujan dan meningkatnya debit air Sungai Batanghari saat yang mencapai 13.90 meter membuat enam kecamatan di Kota Jambi mulai tergenang banjir.

Menurut Kasi Kesiapsiagaan BPBD Provinsi Jambi Dalmanto kecamatan tersebut meliputi Kecamatan Telanaipura, Pasar, Jambi Timur, Danau Sipin, Danau Teluk dan Pelayangan.

Seiring meningkatnya debit air Sungai Batanghari tersebut, lanjutnya, sudah ada sekitar 250 rumah tergenang banjir dalam dua hari ini.

Upaya pencegahan sudah dilakukan dengan cepat, di status siaga IV ini,
pihak BPBD Provinsi Jambi sudah buat posko di kawasan Ancol, Pasar sejak pekan lalu.

Tidak itu saja, petugas gabungan TNI-POLRI, BPBD, SAR sudah dilakukan. "Sejak pekan lalu petugas gabungan dua kali patroli di tempat-tempat rawan banjir guna mengetahui kondisi warga," imbuh Dalmanto.

Dia memperkirakan, kondisi debit air Sungai Batanghari terus meningkat. "Pasalnya tingginya debit air Sungai Batanghari salah satunya dampak dari kiriman banjir dari hulu yang saat ini masih di landa banjir," katanya.

Mendekati status waspada banjir, Dalmanto mengimbau agar warga yang rumahnya di sepanjang aliran Sungai Batanghari lebih berhati-hati.

"Jauhi anak-anak dari bermain air di sungai, hati-hati dengan binatang memata di air. Dan yang memiliki barang berharga agar cepat diselamatkan," tuturnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7101 seconds (0.1#10.140)