Tongkat Komando Bung Karno Diklaim Ada di Pangandaran

Rabu, 25 Januari 2017 - 16:36 WIB
Tongkat Komando Bung Karno Diklaim Ada di Pangandaran
Tongkat Komando Bung Karno Diklaim Ada di Pangandaran
A A A
PANGANDARAN - Salah satu tongkat komando yang biasa dibawa Bung Karno semasa menjadi Presiden RI ke I kini keberadaannya diklaim ada di Pangandaran. Tongkat berukuran kurang lebih 53 centimeter yang terbuat dari kayu pohon kelapa tersebut pada ujung atas dan bawahnya terdapat tembaga berwarna kekuningan.

Dini Octaviani (34) pemilik barang tersebut merupakan salah satu bidan desa yang saat ini berdomisili di Dusun Sukadana, RT 22/09 Desa Kalijati, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran mengaku mendapat barang itu dari ibunya bernama Siti Masitoh.

“Ayah saya bernama Raden Misdjan Sunaryo, wafat pada usia 87 tahun pada 10 Agustus 2009 lalu,” kata Dini.

Dini menambahkan, semasa ayahnya muda sering mengalami pindah tugas keberbagai daerah, sehingga pada waktu pembacaan teks proklamasi ayahnya menjadi salah satu ajudan Bung Karno.

“Pengakuan ayah waktu hidup saat Bung Karno membacakan teks Proklamasi ayah saya berada di jajaran belakang Pak Soekarno yang memberikan teks proklamasi dan memegang tongkat Bung Karno,” tambahnya.

Dini menjelaskan, setelah dewasa dirinya diamanatkan oleh ibunya untuk menjaga tongkat tersebut, padahal saya tidak tahu apa manfaat dan cara menggunakan tongkat itu.

“Saya hanya diamanatkan untuk tidak memberikan barang ini kepada siapa pun karena amanat ibu saya barang ini merupakan salah satu bukti sejarah dan saksi bisu perjalanan perjuangan ayah selama bertugas juga cindera mata dari Bung Karno,” pungkas Dini.

Berdasarkan beberapa referensi yang berhasil dihimpun, semasa Bung Karno menjadi Presiden memiliki banyak tongkat komando dan tongkat tersebut sebagai salah satu perhiasan dirinya saat bertugas menjadi Presiden.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7325 seconds (0.1#10.140)
pixels