Rusak Akibat Gempa, Runway 05 di Kualanamu Telah Diperbaiki

Selasa, 17 Januari 2017 - 16:37 WIB
Rusak Akibat Gempa,...
Rusak Akibat Gempa, Runway 05 di Kualanamu Telah Diperbaiki
A A A
DELISERDANG - Kerusakan Runway 05 di Bandara Internasional Kualanamu (KNIA) akibat gempa Deliserdang sudah diperbaiki pada Selasa (17/1/2017). Sehingga Runway 05 telah bisa digunakan kembali oleh pesawat yang landing maupun take off.

Manajer Humas Bandara Kualanamu, Wisnu Budi Setianto menerangkan Runway 05 sudah bisa normal dan bisa digunakan. "Sudah normal dan bisa digunakan kembali," jelasnya saat dikonfirmasi, Selasa (17/1/2017).

Dia menjelaskan untuk operasional penerbangan tidak ada gangguan di Bandara Kualanamu pascagempa.
"Sejauh ini operasional penerbangan tidak terganggu pasca gempa tadi malam. Kondisi juga sudah normal kembali," jelasnya.

Ditegaskannya, perlu disampaikan tidak ada keretakan pada runway di Bandara Kualanamu. "Hanya ledutan atau ada perubahan fisik dekat threshold atau ujung Runway 05 dan tadi sudah normal kembali," tegasnya.

Sementara itu, Otoritas Bandara Wilayah II Medan Bandara Kualanamu masih melakukan pemeriksaan secara menyeluruh terutama di Runway 05 yang bergelombang.

Plh Kepala Otoritas Bandara Wilayah II Medan, Cecep Kurniawan mengatakan pihaknya telah melakukan investigasi pada Runway 05.

Namun hingga kini Runway 05 dan Runway 23 sudah bisa digunakan untuk landing maupun take off pesawat. Hanya bagian yang terletak di ujung landasan yang adanya ledutan, itupun tidak sampai dilewati pesawat.

"Kami sudah mengecek area yang mengalami kerusakan dan perbaikan sudah dilakukan oleh pihak PT Angkasa Pura (AP) II sebagai pengelola Bandara Kualanamu. Kami tinggal menunggu hasil laporan perbaikian," terangnya.

Posisi take of landing biasanya dua arah, namun disebabkan masih harus diperbaiki, sehingga menggunakan satu arah. "Tapi aktivitas operasional penerbangan berjalan lancar," tukasnya.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.1412 seconds (0.1#10.140)