Banjir Kembali Rendam Sebagian Wilayah Kota Bima

Jum'at, 23 Desember 2016 - 15:05 WIB
Banjir Kembali Rendam Sebagian Wilayah Kota Bima
Banjir Kembali Rendam Sebagian Wilayah Kota Bima
A A A
JAKARTA - Sejumlah wilayah di Kota Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), kembali direndam banjir, Jumat (23/12/2016) ini. Sebagian masyarakat memilih mengungsi, karena khawatir banjir akan meninggi.

Menurut Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, peningkatan pertumbuhan awan yang meluas di seluruh wilayah di Kota Bima, Kabupaten Bima, dan Kabupaten Dompu, NTB, menyebabkan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat pada pukul 11.30 Wita. Kondisi ini menyebabkan debit sungai Paruga naik kembali dan sebagian banjir telah menggenangi permukiman. Daerah yang terlanda banjir kembali adalah di Jatiwangi, Rabasalo, Paruga, Tanjung dan Dara.

Sutopo menambahkan, Jembatan Padolo miring di bagian ujung sehingga jalan ditutup. Daerah di Pena To'i terendam banjir dan masyarakat melakukan evakuasi kembali. Di lweirato juga terendam banjir.

"Banjir yang berlangsung saat ini tidak sebesar pada Rabu (21/12/2016). Namun demikian sebagian masyarakat kembali mengungsi. Masyarakat yang telah kembali ke rumahnya sibuk membersihkan sisa banjir, sebagian kembali mengungsi kembali karena khawatir banjir akan tinggi lagi. Masyarakat mengungsi ke sejumlah tempat, seperti Masjid Baitul Hamid dan Masjid Agung Kota Bima," jelas Sutopo dalam rilisnya, Jumat (23/12/2016).

PLN telah memberitahukan kepada kepala BPBD NTB bahwa pasokan listrik ke Kota Bima untuk sementara dipadamkan karena banjir sudah mulai masuk ke Gardu Induk Bima. Untuk menjaga keamanan dan keselamatan, listrik dipadamkan untuk sementara waktu pada pukul 12.00 Wita.
(zik)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7392 seconds (0.1#10.140)