Buka Kesempatan Masyarakat Daerah Jadi Pengusaha Produktif

Selasa, 11 Oktober 2016 - 02:52 WIB
Buka Kesempatan Masyarakat Daerah Jadi Pengusaha Produktif
Buka Kesempatan Masyarakat Daerah Jadi Pengusaha Produktif
A A A
KEBUMEN - Pemerintah harus membuka kesempatan bagi masyarakat di daerah untuk menjadi pengusaha produktif, melalui keberpihakan.

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo (HT) saat melantik 460 DPRt Partai Perindo se-Kabupaten Kebumen di Kebumen, Jawa Tengah, Senin (10/10/2016).

Selama ini, kata HT, pertumbuhan ekonomi terpusat di kota-kota besar sehingga hanya sebagian kecil masyarakat yang terbangun. Sementara mayoritas masyarakat yang ada di 500 kabupaten/kota lainnya tetap tertinggal.

"Penyebabnya, kita terlalu cepat menganut kapitalisme. Perlu perubahan strategi. Kalau mau Indonesia maju, daerah harus dibangun, masyarakatnya dibangun, dorong mereka supaya bisa menjadi pemberi kerja," tuturnya.

Dia mengatakan, salah satu bentuk keberpihakan untuk membangun masyarakat di daerah adalah dengan memberikan kemudahan akses dana murah. Selain itu, perlu dukungan infrastruktur dan pendukung lainnya. "Kalau mayoritas kabupaten/kota bisa maju, pilar ekonomi kita ada dimana-mana, tidak tergantung kota-kota besar saja. Itu akan membuat Indonesia lebih cepat maju," kata dia.

Ayah lima anak itu mengungkapkan pentingnya Indonesia menjadi negara maju. Menurutnya, berbagai persoalan akan teratasi. Pendidikan misalnya, masyarakat bisa bersekolah hingga perguruan tinggi tanpa dipusingkan biayanya yang selangit. Sebab, pemerintah mampu membiayai pendidikan masyarakatnya.

Tak seperti di Indonesia sekarang ini, hanya sekitar 9% masyarakat saja yang pernah mengenyam pendidikan hingga perguruan tinggi. Di negara maju sekitar 80%-90% masyarakatnya bisa menikmati perguruan tinggi. Menyebabkan negara tersebut bisa berlari lebih kencang.

Dengan menjadi negara maju, bukan hanya pendidikan, tetapi olahraga, militer dan bidang lainnya akan kuat bila Indonesia maju. "Mempercepat kemajuan Indonesia merupakan keharusan," tegas HT disambut riuh tepuk tangan ribuan kader.

Dia mendorong seluruh kader agar berperan aktif memaksimalkan program-program Partai Perindo membangun masyarakat. Partai berlambang rajawali ini memberikan perhatian besar pada petani, nelayan dan UMKM, karena merekalah yang menjadi mayoritas di negeri ini. "Partai Perindo hadir untuk memastikan NKRI mencapai kemakmuran," kata HT.

Sementara itu, Ketua DPW Partai Perindo Jawa Tengah Siswadi Selodipoero menyerukan kepada seluruh kader untuk meningkatkan militansi dalam membesarkan partai. "Kita harus bangga menjadi kader Partai Perindio, harus siap kerja keras. Partai Perindo hadir untuk Indonesia sejahtera," kata Siswadi.
(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8405 seconds (0.1#10.140)
pixels