Geger! Kerangka Manusia Ditemukan di Gunung Papandayan

Sabtu, 20 Agustus 2016 - 10:41 WIB
Geger! Kerangka Manusia Ditemukan di Gunung Papandayan
Geger! Kerangka Manusia Ditemukan di Gunung Papandayan
A A A
GARUT - Tulang belulang diduga kerangka manusia ditemukan di Gunung Papandayan, Kabupaten Garut. Penemuan tulang belulang itu terjadi secara tidak disengaja oleh petugas Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah V Jawa Barat, saat melakukan patroli di Gunung Papandayan.

Kapolsek Pamulihan AKP Dudu mengatakan, kerangka tersebut ditemukan di kawasan hutan lindung Gunung Papandayan, Blok Cilutung, Desa Garumukti, Kecamatan Pamulihan.

"Menurut laporan, penemuannya terjadi pada Jumat 19 Agustus 2016, sekitar pukul 16.00 WIB sore, oleh Pak Asep, seorang petugas BKSDA," kata Dudu, saat dihubungi, Sabtu (20/8/2016).

Kerangka tersebut tambah dia, belum dievakuasi dan masih berada di lokasi hutan. Jauhnya jarak, curamnya medan dan waktu yang semakin gelap, membuat proses evakuasi tidak bisa dilakukan saat tulang belulang itu ditemukan.

"Jarak dari kawah Papandayan sekitar 12 km, kendaraan tidak bisa masuk ke lokasi karena hanya berupa jalan setapak di lereng gunung dalam hutan. Perlu belasan jam untuk bolak-balik ke lokasi kerangka itu berada," ujarnya.

Rencananya evakuasi baru akan dilakukan Sabtu ini. Sejumlah anggota kepolisian dan BKSDA, telah berada di lokasi yang merupakan perbatasan antara Kecamatan Pamulihan dan Cisurupan tersebut.

"Belum bisa dipastikan apakah kerangka ini adalah warga sekitar, atau pendaki atau apa. Terlebih, lokasi penemuan kerangka ini juga dekat dengan Bandung, yaitu ke arah barat masuk wilayah Kecamatan Pangalengan, Kabupaten Bandung," jelasnya.

Pihak berwenang tidak menemukan identitas apapun di sekitar tulang belulang ini. Di tempat itu, hanya ditemukan pakaian yang kemungkinan dikenakan korban semasa hidup. "Untuk lebih jelasnya, kami menunggu tim identifikasi. Tim saat ini sedang dalam perjalanan," tandasnya.
(maf)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5764 seconds (0.1#10.140)