Kisah Karomah Syekh Burhanuddin Ulakan

Minggu, 03 Juli 2016 - 05:00 WIB
A A A
Karena mengetahui Kalik-kalik jantan kebal terhadap senjata tajam akhirnya Katib Sangko yang melapor pada Syekh Burhanuddin.

Oleh Syeikh Burhanuddin, Katik Sangko disuruh melapor pada Syekh Abdurrauf tentang kejadian ini. Oleh Syekh Abdurrauf Katik sangko diajarkan cara menghilangkan ilmu kebal Kalik-kalik Jantan.

Setelah tiba di Pulau Angso, Syekh Burhanuddin memerintahkan kembali menyerang dari Pantai Pariaman di pagi hari maka pertempuran kembali pecah dan kali ini Kalik Kalik Jantan akhirnya terbunuh oleh Katik Sangko.

Tewasnya Kalik-kalik jantan berdampak pada menyerahnya pengikut Kalik-kalik jantan di seluruh Pariaman selanjutnya Katib Sangko dinobatkan menjadi Mufti di Tandikek.

Setelah merasa aman Syekh Burhanuddin mulai mencari informasi tentang keberadaan kawan karibnya yang kiranya telah diangkat menjadi pemuka masyarakat dengan gelar Majolelo.

Maka melalui nelayan yang singgah di pulau Syekh Burhanuddin mengirim pesan pada Idris bahwa dia adalah si Pono yang dahulu pergi belajar ke Aceh.

Mendapat informasi bahwa yang datang adalah Pono yang kini bergelar Syekh Burhanuddin maka Idris Majolelo mengajak ninik mamak, pemuka adat sanak kerabat dan tokoh masyarakat untuk menjemputnya.

Sebagai tanda kenang-kenangan kembali dari menuntut ilmu, Syekh Burhanuddin menanam ranting pinago biru yang dibawa dari Aceh. Beliau berpesan kepada Idris Majo Lelo bila ajal sampai kelak dia minta dikuburkan dekat pinago biru ini.

Untuk memudahkan pengembangan syiar agama Syeikh Burhanuddin meminta masyarakat agar membawa anaknya ke surau untuk bermain bersamanya. Disinilah cikal bakal pengembangan ilmu agama yang dilakukan oleh Syekh Burhanuddin.

Sistim pembelajaran yang dilakukan Syekh Burhanuddin tidak seperti biasa, dia melakukannya sambil bermain, semua Permainan yang ada dimasyarakat saat itu dia ikuti, dari Sepak Rago, main gundu dan layang-layang semua dilakoninya namun setiap memulai permain dia selalu membaca basmallah dan doa-doa lain yang membuat dia menang.
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.1367 seconds (11.252#12.26)