Bromo Semburkan Abu Vulkanik Setinggi 600 Meter

Senin, 04 April 2016 - 16:33 WIB
Bromo Semburkan Abu Vulkanik Setinggi 600 Meter
Bromo Semburkan Abu Vulkanik Setinggi 600 Meter
A A A
PROBOLINGGO - Aktivitas Gunung Bromo sejak tiga hari terakhir cenderung meningkat. Gunung tersebut mengeluarkan abu vulkanik serta suara gemuruh. Asap putih kecoklatan dengan ketinggian antara 400 hingga 600 meter terlihat dari bibir kawah.

Petugas Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) di Pos Pantau Gunung Bromo Wahyu mengimbau agar wisatawan benar benar mentaati agar tidak tetap memasuki zona bahaya pada radius 1 kilometer dari bibir kawah.

“Karakteristik Gunung Bromo fluktuatif. Gunung ini terpantau mengeluarkan abu vulkanik terdengar suara gemuruh sedang dan asap belerang tercium ringan dari pos pantau,” kata Wahyu, Senin (4/4/2016).

Menurut Wahyu, meski mengeluarkan abu vulkanik jatuhan material yang mengandung silika tersebut hanya di sekitar kawah atau berada dalam radius 1 kilometer dari bibir kawah.

Namun, kata Wahyu, petugas juga masih saja melihat wisatawan yang bandel memasuki zona bahaya pada radius 1 kilometer dari bibir kawah.

“Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan PVMBG mengimbau agar wisatawan yang berkunjung benar benar mentaati imbauan dan tidak memasuki zona bahaya,”


(sms)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.7549 seconds (0.1#10.140)