Perkembangan UKM di Maluku Terus Bergeliat

Kamis, 10 September 2015 - 22:11 WIB
Perkembangan UKM di...
Perkembangan UKM di Maluku Terus Bergeliat
A A A
JAKARTA - Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM (LLP-KUKM) Kemenkop dan UKM terus membina para pelaku usaha kecil menengah di berbagai daerah termasuk di Maluku Utara.

"Lembaga kami siap membantu mempromosikan dan memperluas jaringan pemasaran para UKM di Malut. Namun mereka harus percaya diri dan berani memasarkan produk secara global," kata Dirut LLP-KUKM Ahmad Zabadi, Kamis (10/9/2015).

Untuk itu, katanya guna menghadapi pasar bebas atau Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), para pelaku UKM tidak boleh hanya menjadi penonton. "Mereka harus berani bersaing untuk memasarkan produk," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Maluku Utara (Malut) Mulyadi Wowor menambahkan, perkembangan UKM di Malut begitu bergairah dan semakin meningkat kearah yang lebih baik.

Buktinya, di antara sekitar 200 ribu penduduk Malut, sebanyak 3.000 warga menjadi pelaku UKM. Hal tersebut menandakan UKM di Malut juga bersemangat mempromosikan produk unggulan.

"Bahkan, saya punya program bagi pelaku UKM untuk mempromosikan produk ke kota besar di Indonesia. Misalnya, Jakarta. Kami juga akan mempromosikan di Galeri UKM Smesco," jelasnya.

Dia menyebutkan, petugas dinas atau pelaku UKM yang bertugas atau berkunjung ke Jakarta selalu dititipi 20 kilogram (kg) barang-barang UKM. "Ya, kalau perempuan, cukup bawa 10 kg produk untuk dititipkan ke Smesco," pungkasnya.
(san)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0171 seconds (0.1#10.140)