Pegawai Pemkot Disidak Dua Kali

Kamis, 23 Juli 2015 - 10:10 WIB
Pegawai Pemkot Disidak Dua Kali
Pegawai Pemkot Disidak Dua Kali
A A A
PALEMBANG - Tak mau kecolongan seperti tahun yang sudah-sudah, kemarin pegawai di lingkungan kantor Wali Kota Palembang disidak dua kali, masing-masing oleh Sekda dan Plt Wali Kota Palembang Harnojoyo.

Sesuai surat edaran yang di keluarkan pemerintah kota, aktivitas perkantoran terma suk layanan publik bagi masyarakat harus sudah aktif kemarin. Sekitar pukul 08.00 WIB lewat, Seketaris Daerah (Sekda) kota Palembang, Ucok Hidayat melakukan inspeksi mendadak terhadap pegawai di kantor wali kota. Para pegawaipun nam pak nya sudah terbiasa dengan aksi inspeksi mendadak setelah libur bersama Lebaran Idul Fitri 1436 Hijriah.

Selain memeriksa pegawai yang hadir, Sekda juga bersilaturahmi denganpara pegawai. Tak hanya sekali itu, ternyata aksi sidak dan mendatangi kantor-kantor layanan di kantor wali kota berlanjut. Memasuki waktu istirahat, giliran orang nomor satu di Palembang, Plt Harnojoyo juga melakukan inspeksi mendadak.

Dengan mendatangi Badan Pengelolaan Keuangan Daerah dan Kantor Layanan Terpadu, Harnojoyo juga melakukan aksi silaturahmi dengan para pegawai. Plt Harnojoyo mengatakan, sudah mendapatkan laporan dari inspektorat dan badan kepegawaian daerah, terkait absensi pegawai pagi kemarin.

Hasil sementara menurutnya tingkat kehadiran pegawai cukup tinggi. Jikapun nanti masih terdapat pegawai yang tidak masuk kantor, maka harus mendapatkan tindakan tegas dari pimpinan. “Tadi laporannya sudah diterima, pegawai diharapkan tetap masuk. Karena, sudah ada edaran untuk masuk tepat waktu dan malah sudah diberitahukan sidak. Artinya, sidak tidak harus ditutup-tutupi jika memang ada pegawai yang bandel,”ungkapnya.

Menurutnya kedisplinan ini penting karena juga mempengaruhi penilaian jabatan dan kenaikan pangkat seorang pegawai. Selain kedua pimpinan itu, pegawai di Palembang juga mendapatkan inspeksi mendadak dari tim inspektorat dan badan kepegawaian daerah. Sementara itu berbeda dengan pelayanan di kantor kecamatan dan kelurahan, kemarin justru masih terlihat sepi.

Di kantor kecamatan Bukit Kecil misalnya, aktivitas layanan masih belum didatangi oleh masyarakat. Sementara di kantor ke lurahan Bukit Lama, sejumlah masyarakat mulai padat, mendatangi pusat layanan. Rata-rata masyarakat mengurus surat keterangan penghasilan yang dipergunakan untuk kebutuhan sekolah dan mengurus surat pengajuan untuk urusan pernikahan.

“Sudah lumayan padat, tengah hari tadi saja ada delapan orang. Dua mengurus NA dan lainnya mengurus surat keterangan penghasilan untuk anak berkuliah,”ujar Lurah Bukit Lama, Alexander ditemui kemarin. Ia mengatakan, sejumlah layanan bagi masyarakat sudah dipersiapkan sesuai dengan jadwal kerja pegawai.

Sebagai kelurahan yang memiliki jumlah warga terbanyak ke dua di kota, diperkirakan akan banyak warga yang datang untuk mengurus adminitrasi di kantor kelurahan. “Biasanya juga jika hari pertama lebih sepi, tapi tadi tidak juga. Lumayan banyak kunjungan,”tandasnya.

Terpisah, salah satu pegawai di kantor Wali Kota Palembang, membenarkan jika inspeksi mendadak yang dilakukan berlangsung dua kali. Pagi setelah jam masuk, seketariatan daerah melakukan inspeksi mendadak, lalu baru Plt Wali kota. Tapi, ia mengatakan ins peksi mendadak yang terjadi juga menjadi ajang silaturahmi antar pimpinan dan pegawai. “Tadi juga banyak salam-sa laman lebaran juga,”ujarnya enggan disebutkan nama.

Menurut pengamatan KORAN SINDO PALEMBANG meski sudah dilakukan inspeksi mendadak dua kali, namun banyak pegawai juga yang memu tuskan pulang lebih awal dengan alasan untuk bersila turahmi.

Tasmalinda
(ftr)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8309 seconds (0.1#10.140)
pixels