Petugas Temukan Makanan Berbahaya saat Sidak

Kamis, 18 Juni 2015 - 04:00 WIB
Petugas Temukan Makanan Berbahaya saat Sidak
Petugas Temukan Makanan Berbahaya saat Sidak
A A A
SERANG - Jelang Ramadan, tim gabungan dari satuan Ditreskrimsus Polda Banten, BPOM dan Disperindag menggelar inspeksi mendadak (Sidak) ke sejumlah toko swalayan dan rumah produksi makanan di Kota Serang, Rabu (17/6/2015).

Berdasarkan pantauan, petugas melakukan pemeriksaan produk makanan serta bahan makanan yang dicurigai mengandung bahan berbahaya, serta melakukan pengecekan tanggal kadaluarsa makanan yang kerap diabaikan oleh pihak swalayan yang membandel.

Hasilnya petugas menemukan beberapa jenis makanan siap saji yang sudah kadaluarsa dan dapat membahayakan pembeli jika mengkonsumsinya.

Kasubdit satu Ditreskrimsus Polda Banten AKBP Adityanto Budi Satrio mengatakan, bahwa tim gabungan telah menemukan produk madu siap saji yang sudah lewat tanggal kadaluarsa.

"Hasilnya kita menemukan beberapa produk madu yang sudah kadaluarsa, gula pasir yang diduga bukan terbuat dari tebu," kata Budi.

Selain itu, tim juga menemukan salah satu bahan pembuat kue yaitu premik yang tidak mencatumkan tanggal kadaluarsa serta diproduksi sendiri.

"Kami juga menemukan bahan yang seharusnya tidak digunakan dalam pembuatan kue, bahan pembuat kue yang dibuat sendiri tanpa ada batas kadaluarsanya," kata Satrio.

Dia mengungkapkan bahwa seluruh makanan serta bahan makanan yang ditemukan diduga berbahaya, selanjutnya akan di bawa ke BPOM untuk dilakukan penelitian lebih lanjut.

"Ini akan ditindak lanjuti, pertama akan dibawa terlebih dahulu ke Badan POM dan akan diteliti disana, untuk diketahui kadar-kadar yang dikandung, sejauh mana bahayanya. Apabila terpenuhi salah satu tindak pidana akan kami ingatkan dan berikan pembinaan," pungkasnya.
(nag)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7547 seconds (0.1#10.140)