Gubernur Sumut: Festival Danau Toba 2020 Bukan Ditiadakan, Tapi Dievaluasi

Senin, 13 Januari 2020 - 15:10 WIB
Gubernur Sumut: Festival Danau Toba 2020 Bukan Ditiadakan, Tapi Dievaluasi
Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi. (Foto/SINDOnews/Dok)
A A A
JAKARTA - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menegaskan bahwa agenda unggulan Pemerintah Provinsi (Pemprov) di Dinas Pariwisata, yakni Festival Danau Toba (FDT) akan dievaluasi untuk menjadikan gaungnya lebih besar lagi. (Baca juga: Festival Danau Toba 2020 Ditiadakan, Gubernur Sumut: Kurang Bermanfaat Pesta Itu!)

“Kita (buat) bentuknya yang lain. Seperti ada triatlon, lomba lari, berenang dan sepeda. Bukan ditiadakan kegiatannya, tetapi bentuknya (seperti) apa, metodenya. Agar wisatawan itu datang ke Danau Toba,” ujarnya dalam siaran pers yang diterima redaksi Senin (13/1/2020).

Dia berharap kegiatan di kawasan Danau Toba sekitarnya bisa diperbanyak. Namun dikemas sedemikian rupa, menarik dan mengundang orang untuk kembali datang ke sana. (Baca juga: Anggota Dewan di Senayan Soroti Keputusan Gubernur Sumut Tiadakan FDT 2020)

“Makanya rakyat di sana bisa mendukung. Sehingga orang datang ke Danau Toba, bisa benar-benar fresh (menikmati), dia mau berpariwisata,” sebut Edy.

Menjelaskan perihal evaluasi kegiatan FDT dimaksud, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Sumut Ria Telaumbanua menjelaskan bahwa FDT untuk putaran pertama telah terlaksana di tujuh kabupaten se-kawasan Danau Toba secara bergantian. Namun beberapa pertimbangan menjadikannya perlu dievaluasi. (Baca juga: Politisi PAN: Sempurnakan FDT 2020, Bukan Malah Diganti Triathlon)

Hasil evaluasi dari pelaksanaan FDT selama ini di antaranya, jadwal pelaksanaan yang tidak tetap, sehingga menyulitkan agen perjalanan wisata mempromosikannya ke dalam paket mereka. Kemudian masalah penentuan tuan rumah yang dinilai belum mempertimbangkan kemudahan aksesibilitas dan amenitas, seperti ketersediaan hotel yang mendukung.
(vhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 1.5928 seconds (0.1#10.140)