Pemkot Medan Segera Terapkan Program Merdeka Belajar

Minggu, 29 Desember 2019 - 09:20 WIB
Pemkot Medan Segera Terapkan Program Merdeka Belajar
Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution segera menerapkan program merdeka belajar yang digagas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim. (Foto:SINDONewas/Istimewa)
A A A
MEDAN - Program merdeka belajar yang digagas Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim segera diterapkan di Medan, Sumatera Utara (Sumut). Program tersebut dinilai positif dan segera diaplikasikan.

Plt Wali Kota Medan, Akhyar Nasution mengatakan merdeka belajar bukan hanya sekedar gagasan. Tetapi program yang harus dijalankan untuk membangun masa depan generasi bangsa.

Akhyar mengatakan metode pembelajaraan saat ini sudah bergeser. Sekolah harus mampu memberikan kemerdekaan anak didik dalam mengembangkan intelektualitas. Namun tidak meninggalkan akar budaya bangsa sebagai warga Indonesia.

"Dibatasi oleh etika, budaya kita. Merdeka dalam artian eksplorasi intelektual kemampuan anak. improvisasi dan imajinasi harus dibangun dengan baik. Karena dunia ini dibangun oleh orang yang bermimpi. Kita harus mendorong anak berkreasi dan berimajinasi dengan baik," jelasnya, Sabtu (28/12/2019).

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Disdik Kota Medan, Masrul Badri mengatakan program merdeka belajar sangat baik untuk pengembangan mutu pendidikan. Karena itu Dinas Pendidikan Kota Medan menggelar sarasehan dengan sejumlah pelaku pendidikan di Kota Medan.

"Program Nadiem, merdeka belajar merupakan program yang kita nilai sangat baik. Kita melakukan gerak cepat untuk mengaplikasikan program tersebut. Kita mengajak seluruh pendidikan mulai untuk sama-sama menerapkan di Medan," ungkapnya.

Acara yang dibuka Plt Wali Kota Medan, Akhyar Nasution yang diharapkan dapat menyeragamkan pandangan tentang pengembangan merdeka belajar di Kota Medan. Karena menurut Masrul, merdeka belajar adalah kemerdekaan berpikir. Kemerdekaan berpikir itu harus dimulai dari para pengajar.

"Setelah sarasehan ini, sekolah sudah mengaplikasikannya. Karena ini juga sudah menjadi bagian dari program di Dinas Pendidikan Kota Medan untuk mengembangkan pendidikan anak sejak dini,” pungkasnya.
(zys)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
artikel/ rendering in 0.9223 seconds (0.1#10.140)